Keluhan Pelanggan

Pelayanan Klaim Jamsostek

Pelayanan Jamsostek mulai seperti pelayanan publik yang profesional tetapi dibalik itu tersirat niat yang kurang profesional , malah terkesan mengulur waktu(penipuan ??) dengan alasan gagal teknologi (Gatek).

Awalnya saya ke salah satu kantor cabang jamsostek , untuk mengurus pencairan klaim JHT, saya dijemput oleh Satpam didepan pintu masuk , ibarat bos besar yang terlambat masuk kantor yang datang langsung dibukakan pintu ruang tunggu yang ber AC, kemudian saya ditanya tentang maksud kedatangan, setelah saya beritahu .., beliau menjelaskan sedetail mungkin berkas yang harus dilengkapi, antara lain “KTP, Kartu Rumah Tangga, Kartu Kepesertaan, SK Pensiun, Buku Tabungan, dan lain-lain” .

Karena belum lengkap yaitu kekurangan Kartu Rumah Tangga , saya meminta kebijaksanaan , ini kan KTP dibuat berdasarkan Kartu Rumah Tangga, tetapi dijawabnya dengan tegas bahwa itu aturannya, ok saya pulang kerumah untuk melengkapi.

Keesokan harinya saya datang lagi menyodorkan kelengkapan yang semuanya Asli , lalu diminta lagi masing masing 1 lembar foto copinya, terpaksa saya pulang lagi untuk fotocopi, kemudian memasukan dokumen yang diminta, setelah diperiksa/ verifikasi  oleh Bapak alias Bapak Jamsostek ( verifikasi bahasa krennya diperiksa) , ternyata KTP saya sudah kadaluarsa 1 bulan yang lalu, “wah ini harus KTP yang masih berlaku ” jadi harus memperpanjang masa berlaku KTP , jadi harus kekelurahan , saya mulai dongkol, kok pelayanan prima suatu BUMN terbesar dan Tunggal di Republik ini begitu kaku, tetapi saya menyadari BUMN-nya tidak kaku yang kaku pegawainya. dengan nada dongkol saya mengusulkan diluar ketentuan yang berlaku yaitu menawarkan identitas lain (SIM- A) yang masih berlaku, rupanya setelah dikonfirmasi dengan bosnya alias Bos Besar Jamsostek yang ada duduk manis didalam ruangan ternya boleh asalkan alamat sesuai dengan KTP, untunglah  alamat masih sesuai, tetapi saya harus pergi fotocopi lagi, setelah fotocopi , mulailah proses pengecekan data peserta, ternyata menurut komputer di Kantor pusat Jamsostek bahwa premi yang dibayarkan oleh perusahaan tempat saya bekerja kurang 1 bulan berarti harus menunggu konfirmasi dari pusat, beliau menjanjikan 2 minggu kemudian baru datang lagi untuk mengetahui kepastiannya, kemudian saya tanyakan lagi, kok 2 minggu , sekarang kan jamannya online , dijawabnya ini ada kesalahan , kemungkinan perusahaan bapak belum bayar premi terakhir atau kami yang belum input datanya , jadi kata saya dengan emosi yang masih direm-rem ” justru itu, bapak jamsostek seyogyanya menanyakan langsung ke kantor pusat jamsostek, kesalahan ada dimana” tetapi dijawabnya secara profesional dan tegas tanpa irama (bagai informasi mesin penjawab)  ” itulah prosedur kami, 2 minggu, kalau bapak tidak mau sabar silahkan bapak telefon langsung” , karena saya tau aturan , apa boleh buat , saya menunggu 2 minggu kemudian

Selang 2 minggu, saya telefon lagi, ternya jawaban dibalik telefon sangat enteng dan merdu ” Bapak Jamsostek lagi cuti , jadi tunggu saja kalau sudah masuk bapak telefon lagi” , kemudian saya katakan lagi, bagaimana seandainya bapak jamsostek mati tiba-tiba , berarti berkas saya turut mati donk, lalu jawabnya dengan sedikit terpaksa, ” Kalau begitu, saya sambungkan ke bahagian transfer , siapa tau sudah ditransfer ke rekening bapak” , tunggu punya tunggu kira2 3 menit kemudian baru ada yang angkat , katanya ” bos transfer lagi online , kira2 10 menit lagi baru telefon lagi”, selang 10 menit saya telefon lagi langsung ke bos transfer , lagi -lagi bos transfer tidak berada di tempat katanya “ke Toilet” , mungkin juga benar ketoilet karena saat ini lagi musim mencret.

Selang 3 hari kemudian saya telefon lagi, Alhamdulillah ..bapak jamsostek tidak jadi mati, tetapi masih tugas lapangan , jadi saya diminta menghubungi stafnya bos jamsostek , setelah saya menjelaskan permasalahannya, katanya ” Sebentar saya hubungi Jamsostek Jakarta , satu jam kemudian telepon lagi” , sabar …1 jam saya telefon lagi , jawabnya ” susah menghubungi jamsostek jakarta , nanti setelah ada khabar saya (staf bos jamsostek) yang akan menelfon untuk menginformasikannya” , Alhamdulillah jawaban yang sangat menyenangkan…syukur masih ada staf bos jamsostek masih mau berjanji .., tetapi tunggu punya tunggu .. janji yang kunantikan tak kunjung tiba…, sabar….

Dua hari kemudian tepat hari Kamis tgl 24 Desember 2009) saya telefon lagi, syukur diterima langsung oleh bapak jamsostek…, cuma nadanya agak ketus…mungkin belao kecapaian dari tugas lapangan.., sehingga keluar kata kata asli  mahluk jamsostek…” Kalau tidak percaya silahkan tanyakan langsung ke kepala alias Bos Besar Jamsostek di daerah atau tanyakan langsung ke perusahaan bapak(saya)”, kemudian saya jawab…oh..saya percaya aturan jamsostek.., aturanya pasti bagus.. malah mungkin sebagai BUMN terbesar di Republik ini Jamsostek mempunyai prosedur yang telah distandarisasi.., mengenai perusahaan tempat saya pernah bekerja , saya juga tau bahwa mereka patuh terhadap undang undang tenaga kerja, jadi kalau mereka ada selisih faham tentang aturan hak dan kewajiban , pasti ke 2 BUMN tersebut berkomunikasi”, karena jengkel saya tutup telefon. biarin aja waktu yang menyelesaikan persoalannya…

selang satu jam kemudian saya ditelefon dari Divisi SDM , perusahaan tempat saya bekerja, katanya “Persoalan saya sudah tuntas dan selesai di tingkat Pusat”, memang 1 hari sebelumnya saya telah menghubunginya, ternyata perusahaan tempat kami bekerja ada reaksi proaktif, sesuai komitmen para Direksinya, tidak pernah menelantarkan karyawannya apalagi pelanggannya.

Karena usil.., hari senin tgl 28 Desember 2009 , saya telefon ke Bos Jamsostek , dijawanya ” Maaf saya lagi sibuk..tolong diingatkan saya melalui SMS ini nomor HP saya (XXXXXXXXXXXXX), lagi pula inikan akhir tahun , kami tidak ada lagi transaksi.. sampai tanggal 5 Januari 2010. ” lalu telefon ditutup dan pembicaraan selesai..

Karena usil..gak ada kerjaan..saya buka website Jamsostek , memang tertulis bahwa klaim akan dibayar selambat lambatnya 1 bulan setelah diajukan…, kalau melihat permasalahan yang kami alami pada hari ini, sewaktu saya menulis blog ini udah lebih dari 1 bulan…saya tidak tau, apakah karyawan jamsostek yang berbohong atau websitenya , yang jelas  itulah kenyataan yang dilakukan olah karyawan BUMN Jamsostek (patuh terhadap aturannya) yang diterapkan kepada pelanggannya…, entah bagaimana nantinya nasib Peserta Jamsosnas kalau PT Jamsostek dengan kualitas pelayanan dan aturan seperti ini…mudah2an ada perubahan.. dan menjadi masukan kepada Bapak-Ibu Dewan Perwakilan Rakyat (Kita Orang) yang ada di Jakarta. [5 januari 2010]

Karena usil jam 11 siang saya coba hubungi No HP xxxx, tetapi tidak ada respons , kemudian saya hubungi Telp Kantor Cabang, dan disambungkan ke bapak jamsostek, kata belau “kami belum bisa realisasikan karena sistem kami seluruh Indonesia off line” , kemudian saya katakan ” Apa hubungannya sistem Komputerisasi jamsostek dengan transaksi pembayaran, data saya kan sudah ada di kantor cabang Jamsostek”, tetapi keluar lagi jawaban klasik mahluk jamsostek “Kalau tidak percaya tanyakan saja ke bos saya” selanjutnya keluar lagi janji gombal ” tanggal 7 Januari 2010, kami akan transfer ke rekening, tetapi kalau beluk masuk tolong di telefon lagi” , jawab saya…” saya percaya..tetapi ingat semua informasi Anda saya catat dan saya teruskan ke Kantor Pusat Jamsostek”.

Selang 2 jam kemudian saya di telepon oleh Bapak Bos Besarnya Jamsostek ?, dengan nada dan suara yang sangat profesional dan bersahabat “Klaim Bapak(saya), sudah dapat dicairkan, kalau mau ditunaikan hari ini di Kantor atau ditransfer hari ini atau selambat-lambatnya besok” katanya menawarkan alternatif…

Comments

  • bangga 2:02 pm on May 19, 2010 | # | Reply

    situsnya juga payah mas. daftar jadi member dibilang data tidak valid. padahal sudah sesuai dengan yang dikartu.
    Bikin keluhan di ‘kontak’-nya, setelah puas nulis keluh kesah dan klik submit di bilang “wrong number. please try again”
    dan ‘try again’-nya itu kita dikasih form yang kosong lagi.
    busyet dah…
    Kaya’nya IT-nya cuman bisa ms office doang nih

    • si centil 9:58 am on September 17, 2010 | # | Reply

      betul sekalee bang..teman sy smp napsu (bukan birahi) krn tiap kali memasukkan datanya selalu dijawab data tdk valid..pdhl no kepesertaan sesuai dgn yg tercantum di kartunya. Saya merasakan makhluk2 jamsostek itu berwajah serius, melayani dengan buru2, yaa kalo mau santai sih dipantai aja jemuran matahari leyeh2 gak usah kerja! bukan begitu? kan mereka dibayar untuk melayani…hendaknya tetaplah bersikap manis walau hati sedang bete mgkn urusan RT atau masalah sm pacar dsb…trus waktu terakhir kali saya ngurus claim kecelakaan kerja karyawan, si makhluk petugas JKK malah sewot ketika sy minta konfirmasi ttg pencairan claim tsb mengingat sdh 2 minggu berselang seperti yg dijanjikan…dgn nada sewot dia minta surat kuasa dari perusahaan yg sudah distempel cap perush, beserta foto2, fotocopy KTP dll..yg katanya harus dibawa pd saat mencairkan claim…ooow dia seperti petasan cabe rawit nyerocooos mulu krn argumen2 saya selalu dibantah…looh waktu terakhir kali sy masukkan tuh berkas2 yg sudah lengkap disitu jelas di terima oleh makhluk jamsostek lain krn wkt itu dia sdg dinas luar…naah si mahluk yg nrima berkas saya ini gk bilang apa2 mengenai surat kuasa dan tetek bengeknya…kok knp dia marah2 gitu ke saya?? tapi akhirnya dia nyerah juga karena memang dia salah….gk ngasih petunjuk apapun kesaya kok dgn semena2 marah2 gak jelas minta surat kuasa..untunglah saya ini org yg bijak, hingga saya tanyakan bagaimana sy bs dpt contoh surat kuasa tsb? apa saja syaratnya? saya ambil dimana?? kemudian (mungkin udah hilang tuh kerasukan setan ditubuhnya) dia mendadak menjadi bersikap manis dan sangaaaaat kooperatif sekale menerangkan kpd saya..aah belum lagi kartu JPK yg bolak balik salah ketik, yang kurang lah, yang datanya ke keinputlah…bagaimana bisa selalu salah??? kayanya gak layak deh sebagai penyelenggara jaminan sosial…harusnya jaminan private…namanya juga sosial itu kan banyaak dr kalangan bawah, menengah, atas, samping kanan kiri yaa wajarlaaah kl customernya buanyaaak….untungnya banyak juga kaan dari kita2…??!! itu sih sedikit pengalaman saya…dan akan masih banyak lagi hal hal yg pasti nyeleneh terjadi disana…karena saya adalah staff yg bertugas mengurus jamsostek di perush saya…..huaaaaaaaaa…..hiks hiks……

    • Wan Putra 10:35 am on July 3, 2013 | # | Reply

      Tulisan dan jawaban ini tertanggal tahun 2010 dan 2011… sekarang tahun 2013 dan tidak ada perubahan sama sekali. Hingga hari ini saya tidak bisa daftar online. Padahal data sudah diperbaharui, dokumen dikirimkan, sudah didatangi pula, dan saya minta dibikinin aja username dan passwordnya kalau customer nggak bisa bikin. Dijanjikan 3 hari… hingga 2 minggu… sampai 2 bulan…

  • Sukarno Darsomartono 6:22 am on May 23, 2011 | # | Reply

    Pengalaman ini apakah akan terjadi dengan saya juga ya ??? Karena saya sudah sebulan lebih memasukkan klaim pastinya tanggal 15 Aril 2011, sampai sekarang belum juga ada konfirmasi.Saya sudah berupaya menghubungi yang disarankan bagian penerimaan klaim katanya setelah 10 hari kerja suruh menghubungi nama-nama yang extension-nya saya ada. Tetapi setiap saya hubungi tidak pernah diangkat.Jadi saya harus sampai kapan menunggu yaa??????

  • trisa 3:14 am on August 11, 2011 | # | Reply

    saya telp jamsostek cabang setiabudi. saya telp 10x, operator tidak menjawab. udah siang operator, blm dtng juga. tolong deh.

  • rini 5:06 am on October 11, 2011 | # | Reply

    Pelayanan Jam sostek cilandak. Antrian sangat panjang terutama untuk pengumpulan formulir JHT pengambilan scr tunai sangat panjang dan hanya dilayani oleh 1 orang. Orang yg mengantri tidak diberikan informasi kira2 sampai no berapa petugas akan break istirahat shg org menunggu lama ditambah harus menunggu waktu istirahat . Seharusnya dapat diantisipasi dengan penambahan jumlah personel pd loket yg berantrian panjang dan diinformasikan nomer yg akan dipanggil stlh istirahat sehingga pengguna jasa jamsostek dapat lbh efisien dalam meminta layanan jasa jamsostek. Petugas pd saat istirahat on time dan kembali pada jam ssdh istirahat juga hrs ontime!

  • mas muslim 5:29 pm on October 11, 2011 | # | Reply

    aku jg bingung udh lebih sebulan klaimku belum cair, padahal aku harus bayar hutang buat biaya operasi mataku, tak ada yang kulakukan sprti yg mas katakan “percaya.” n akupun percaya dg management perusahaan n jmsstek, mkin tidak terlalu besar bg org beruang tp bagiku 30jt itu hutang yg sangat besar dan saat ini aku hanya berdoa semoga Allah swt memberi kemudahan dan kelancaran, amin

  • wiryadi 3:16 pm on October 26, 2011 | # | Reply

    kalo gua alhamdulillah ga terlalu bermasalah ma jamsostek baik untuk program kesehatannya ato jhtnya. Justu yang rese tu HRD perusahaan yang kurang bagus ngasitau ke semua staff, jadi miskom. jadi gua konsul sendiri sama petugas AOnya. So far asal ikutin prosedur (walau perlu mondar-mandir n tanya2/ rempong dikit lah) ya lancar2 aja. Palingga prosesnya termasuk cepet dibanding asuransi laen yg bisa berbulan2 (untuk kesehatan y).

  • Cindi Lillick 2:20 am on November 15, 2011 | # | Reply

    Hello my friend! I wish to say that this post is amazing, great written and include almost all significant infos. I would like to see extra posts like this .

  • eny 6:38 am on November 22, 2011 | # | Reply

    Ternyata banyak juga yang senasib,jht harusnya da cair dari 4 bln yang lalu sampai sekarang blm bisa turun juga karena kesalahan pihak jamsostek yang salah memasukkan data ke kartu saya, tapi tindakan pemisahannya yang katanya dilakukan oleh jamsostek jakarta pusat sampai saat ini tak kunjung selesai,sampai kapan harus sabar menunggu uang kita sendiri…jamsostek tolong dong diperbaiki kinerjanya khusunya yang bagian atas2…semoga Tuhan mendengarnya.

  • ryan 4:53 am on November 29, 2011 | # | Reply

    bner bngt tuch,,,klo kasusku ribet di perusahaanku kerja yang tega telantarkan kryawanya.untuk jamsostek tolong hak kita karyawan lebih dipentingkan..jangan memberatkan perusahaan yg menelantarkan karyawanya.persyaratan2 saya sudah komplit.hanya saja perusahaan yang gk pduli ma karyawanya,ingin ajukan klaim dipersulit pdhal saya tdk punya kasus di perusahaan itu.kalau mengerti bgni NO ikud jamsostek LAGI.karena hak kita dipersulit…

  • endah wariastuti 9:47 am on December 21, 2011 | # | Reply

    aku punya keluhan nih, mo nyairin dana jamsostek….
    kartuku hilang, aku dah bikin surat kehilanngan dr kepolisian trs surat hilang dr jamsostek stempel perusahaan juga udah ada…
    yang jadi masalah, aku ga hapal no KPJnya, ma pihak jamsostek di suruh nanyain nmr KPJ ke pershn t4 kerja, dah nanya ke prshn… tp pihak HRD bilang kantanya prshn tidak punya data2, dan HRDpun tidak di ijinkan oleh jamsostek tau itu dgn alasan itu bersifat sangat rahasia….
    mohon kasih solusi ya,,,,, makasih….

  • jiscomics 6:49 am on January 3, 2012 | # | Reply

    Sama bos…biasa uang masuk lebih gampang dibandingkan uang keluar….mungkin termasuk prestasi kalo uang yang dikeluarkan sedikit perbulan…walaupun itu haknya orang….kayaknya keringetnya orang jangan pakek diasuransiin segala deh…bahaya

  • krishna 11:50 am on February 24, 2012 | # | Reply

    senasib dech..sudah ke kantor jamsostek setiabudi jauhnya minta ampun, semua surat surat persyaratan sudah lengkap tapi tetap aja ada alasan nya kata nya dari perusahaan tempat sy bekerja kurang pembayaran nya. setelah saya konfirmasi ke kantor lama saya bagian pengurus jamsostek nya bilang sudah bayar semua alias lunas dan tidak ada tunggakan serta memperlihatkan bukti bukti pembayaran nya.. nah loh mo percaya yang mana nih? hanya Tuhan yang tahu.. mohon di berikan kemudahan mu ya Tuhan…

  • Andi 3:42 am on March 26, 2012 | # | Reply

    Halo Trisa, saya juga coba telpon jamsostek cabang setiabudi. Sampai pulsa habis banyak, tetap aja “maaf, nomor yang ada tuju, tidak ada yang menjawab”. Lha kalau extension 0 (operator) tidak menjawab, siapa lagiiii?

    • pelanggan 10:55 am on April 1, 2012 | # | Reply

      Mudah2an pemerintah tdk mengikut sertakan Jamsostek dalam Program JSN..

  • susetiyo 2:42 am on May 1, 2012 | # | Reply

    Jamsostek masih bisa Sombong, belum sadar yg gaji mereka karyawan, saya mau ambil uang saya saja dipersulit. Udah ada KTP asli copy KK, masih minta yg asli juga padahal harus balik rumah berkilo-kilo..
    Intinya MAU AMBIL UANG KITA SENDIRI kok susah, lain kali rekan2 saya tdk sy rekomendasikan buat jamsostek. Nabung di Bank saja gak ribet

  • kontoll 11:29 am on June 3, 2012 | # | Reply

    kampang jamasostek… nysake bae

  • kontoll 11:32 am on June 3, 2012 | # | Reply

    kubuuu jamsostek… karyawanya pada beladungan apa lagi bosnya… maka uang haram… siapa yg gaji kalian “rakyat” jangan gaya donk… biasa aja kale… p3l3r…

  • andi 1:19 pm on June 8, 2012 | # | Reply

    benar sekali,,,,Jamsostek pelayanan jelek,,,kurang ramah karyawanya,,,kasihan kalau teman-teman ada yang sangat membutuhkan,,,tapi malah di persulit,,,,,apalagi di cabang daan mogot sebelah indosiar,,,,parah beud dah,,,untung saya orangnya sabar hehe,,,,ganti aja nama JAMSOSTEK jadi JAMDINDING haha

  • ardi 1:31 am on July 7, 2012 | # | Reply

    jamsostek minus peayanan…memang tradisi di indonesia, klo masih dikelola oleh pemerintahan pasti nggak memuaskan, mending dikelola swasta…dasar negara aneh …

  • suratmjo 6:52 am on September 1, 2012 | # | Reply

    jamsostek emang bajingan kau penipu anjing lo gk mikir masak masa komplain kecelakaan berlaku 2*24 jam klo lo mkir orang klo kena musibah ugd orang mikirin nyawa dan keselamatan dulu bukan mw komplain tp itu kesemapatan dan alasan mereka supaya anggota jamsostek gk ngerugiin pt tsb,manusia gk punya otak lo smg aja keluarga anada yg terjadi seperti itu

  • marjo 6:53 am on September 1, 2012 | # | Reply

    bubarakan aja jamsostek tu anjing lo,manusia penipu

  • hendra 8:57 am on September 5, 2012 | # | Reply

    hati – hati pak atau ibu nanti dibilang pencemaran nama baik atas jamsostek. saya kapok memberikan komentar jelek kepada jamsostek

  • Wahyu Rahayu 11:08 am on September 22, 2012 | # | Reply

    Saya juga sedang menunggu transfer klaim jamsostek sampai hari ini baru 6 hari kerja ( sabtu minggu tdk dihitung ) karena janjinya max 7 hari kerja
    mudah2 saja nasib saya tdk seperti kawan2 yang sampai satu bulan lebih, dan mengenai tilpon kayanya operatornya mempercayakan 100% kepada sang mesin penjawab saya sudah kira2 8x belum pernah sekalipun sampai bicara dg mahluk jamsostek dan setiap kali tilpon saya disuruh nunggu beberapa menit ujung2nya “petugas dibagian yang anda tuju sedang sibuk”
    kalau ga percaya silahkan bapa2 direksi atau komisaris untuk mencobanya
    dan saya sarankan jari bapak2 pakai remason dulu yah……..

    • desya 6:22 am on December 12, 2012 | # | Reply

      gmn mas sudah cair belum?

  • Ahmad 7:24 am on October 24, 2012 | # | Reply

    Saya Peserta Jamsostek dr thn 2001, saya mau tanya ke Jamsostek Medan yg pusat tp berbeda skali jawaban yg sya terima dg jamsostek Bali, Manado. Bali & manado mrka bisa mencari nama perusahaan sdh bisa terlacak, Medan gbisa krn lasannya beda kota beda aturan. lho namanya Jamsostek kan On Line di seluruh Indonesia, ini jawaban Operator di Jamsostek Medan, Sumut, saya Sungguh2 kecewa skali

  • irma 12:12 pm on November 5, 2012 | # | Reply

    jamsostek, katanya tranfer uang santunan kematian 3 bln sekali,, tp seharus nya bulan 10 sudah di tranfers,, skrk sdh november, blom juga di transfer,, apa uang kalian makan?????

  • JIMMY 5:11 am on November 14, 2012 | # | Reply

    Jamsostek itu sepertinya SANGAT PEMALAS sekali. Saya mengajukan claim operasi cesar istri saya. dokter menganjurkan untuk langsung operasi cesar tanpa melakukan percobaan kelahiran dengan induksi. setalah saya diskusikan dulu dengan istri, maka kami menuruti saran dokter untuk melakukan operasi cesar tanpa percobaab melakukan lahiran normal dengan induksi. hal ini kami setujui karena kandungan sudah 40 minggu lebih 3 hari dan index air ketuban sudah turun. setelah operasi berjalan dengan lancar dan putri kami dilahirkan dengan selamat dan sehat, saya mengajukan claim lahiran ke jamsostek. tapi karena ada kesalahan penulisan pada resume medis, dan laporan operasi yang menyatakan bahwa pasien menolak untuk melakukan induksi terlebih dahulu, maka saya hanya bisa claim untuk mendapatkan penggantian biaya kelahiran secara normal saja. ketika saya meminta untuk konfirmasi langsung ke rumah sakit / dokter yang menangani pross melahirkan istri saya, mereka menolak untuk melakukan konfirmasi tersebut. apa yang harus saya lakukan agar para PEMALAS ini bisa mendapatkan data yang mereka butuhkan untuk membuktikan bahwa dokter yang meminta untuk melakukan operasi cesar?

  • bb 9:21 am on January 21, 2013 | # | Reply

    selain untuk klaim, katanya jamsostek memfasilitasi KPR (bantu uang muka)..
    berdasarkan keterangan,, untuk proses nya sebentar,, hanya beberapa hari, asalkan persyaratan sudah di lengkapi,, ini persyaratan sudah lengkap, tetapi bukan berhari-hari lagi kami menunggu kabar,, tetapi sudah berminggu-minggu,, kami coba konfirmasi, tetapi belum ada respon.. ini bagaimana??
    mengingat ada batas waktu yang di tentukan pembayaran uang muka, kami perlu quick respons,…

  • Buitenzorg 10:30 am on February 6, 2013 | # | Reply

    ikut berbagi pengalaman sob, sekalian uneg-uneg. setiap aku berobat dgn menggunakan layanan kartu jamsostek. Dokternya selalu pake Jam Karet. nyata-nyata di tempat praktiknya tertulis dgn jelas, bahwa praktek dibuka Jam 17.00 s/d 20.00. biasa aku berobat pilih sore hari. tetapi karena dokternya Menggunakan jam karet, yaa… mau gak mau deh “Melar”/mundur jam buka nya menjadi jam.18.00.
    Usul sy kpd para dokter yg menerima pemegang kartu Jamsostek. Lebih baik ganti saja pemberitahuan Jam buka nya. jgn Jam 17.00. tetapi Jam 17.30 atau jam 18.00. capek tau menunggu…..!!!

  • Pri 7:36 am on February 12, 2013 | # | Reply

    Kerja kontrak 1 tahun. usia belum 55 tahun. sampai saat ini belum dapat kerja. syarat-syarat sudah lengkap, kebutuhan hidup keluarga sangat mendesak. Sudah dua kali saya klaim ke Jamsostek tidak bisa untuk pembayaran JHT, harus nunggu usia 55 tahun peraturan Jamsostek, memenuhi masa kepesertaan 5 tahun + 1 Bulan.
    Itulah : “Jamsostek”

  • aston cikarang 3:05 am on February 20, 2013 | # | Reply

    Kecewa sekali kerja kinerja jamsostek cab cikarang memang betul pemalas biar pun sudah menahbah member untuk sdmnya tetapi masih banyak ditemukan masalah yang merugikan nasabah jamsostek

  • tri yudha 1:08 am on March 4, 2013 | # | Reply

    saya pernah datang kekantor cab, jamsostek……………….. yang bikin saya bingung dan heran kenapa kebijakan dan aturan dalam menerapkan claim, tdk sama ? percuma dong ada kantor pusat, saran saya untuk jamsostek berikan pelayanan yg baik cepat dan akurat, seseorang mengclaim, pasti mereka butuh, dan yg mereka claimpun uang nereka, ingat PT JAMSOSTEK hanya mengelola uang karyawan peserta jamsostek, dari situ banyak mendapatkan keuntungan, jika sudah lengkap semua persyaratan kenapa tidak ? maju mundurnya perusahaan anda ada pada kinerja dan pelayanan anda, maju terus jamsostek !!!! tingkatkan kinerja dan pelayanan secara profesional.

  • Chacha ciithya prayogo 8:26 am on March 22, 2013 | # | Reply

    Saya juga mencairkan dana jamsostek dari tanggal 15januari sampai hari ini saya belum menerima uangnya.waktu dokumen saya dilampirkan,petugas jamsostek bilang uangnya akan ditransfer katanya tunggu selama 7hari,setelah 7hari saya cek keatm,ternyata no rekening saya sudah tidak aktif,lalu kemudian saya konfirmasi kepihak bank,katanya kalau rekening tidak aktif transferan tidak akan masuk dan akan tertolak secara otomatos.Lalu saya konfirmasi kepada pihak jamsostek kalau rekening saya sudah tidak aktif dan saya minta ditransfer keno rekening saya yang lain,lalu jawaban petugas kita tunggu return dulu,karena uang sudah ditransfer tanggal 20,dia bilang tunggu 2 atau 3hari.
    Setelah 3hari saya telfon lagi,jawabannya tetap sama,nunggu return dari pihak bank.1mnggu kemudian saya telfon lagi apa sudah ada return dari pihak bank atau belum,ternyata belum juga.saya sempat bingung,pihak bank bilang transferan akan tertolak secara otomatis tapi kenapa belum ada return kejamsostek.lalu saya tunggu sampai 3mnggu kmudian saya telfon lagi,jawaban yang mengejutkan dari pihak jamsostek,petugasnya bilang kita tidak adaa return,uang yang sudah dikirim tidak ada returnnya.putus asa saya saat itu,lalu transferan masuknya kemana?????karena pihak bank juga jawabannya seperti itu.sampai sekarang nih masalah belum terselesaikan,sampai udah 2bln lebih saya belum bisa menikmati hasil kerja saya sendiri.transferannya itu kemana donk,ada yang bisa jelasin……

  • titik 7:29 am on July 8, 2013 | # | Reply

    saya hbis oprasi biaya oprasinya saya kleim kan kejamsostek emang sy g pakek rujukan kepoli tp sy mintak resum medik jamsostek udh di isi docter yg ngoparsi saya,ternyata sampek sama klem2an sy tidk bisa cair.ktnya kurang rujukan,oprasi berencana….susah banyak alasan itu kan tabuangan sy sendiri kenapa hrs susah….yg penting jamsostek kan ada data saya disana msh aktif apa g?knp harus bayak syarat kn uang2 sy sendiri….seharusnya jamsostek bantu kita bukan mempersulit kita…..kl pelanyananya kanyak gni malas ikut jamsostek

  • Suhendri 4:42 pm on July 18, 2013 | # | Reply

    hampir sama dengan kasus saya yah., bedanya, saya klaim kecelakaan kerja., semua syarat sudah lengkap, dari tanggal 25juni2013 sampai sekarang belum cair tuh., jawabnya selalu tunggu., sedang di proses., karna bukan hanya melayani saya saja., jadi ya sabar., tapi gak tau deh cair atau tidak.,??

  • rakyat jelata 8:17 am on August 27, 2013 | # | Reply

    Saya juga punya masalah dengan Claim Jamsostek. Sudah 2 minggu, jamsostek saya tidak cair. Nomor Telp: 527-9318
    ext 114 – Prita
    124 – Cici
    117 – Titi (bagian transfer)
    0 – Operator
    Semuanya tidak ada yang di angkat. Lantas saya harus kemana lagi?
    Wahai para pegawai jamsostek, sadarlah, apakah kalian tidak takut di cacimaki, disumpahin dengan orang2 yg dizolimin? kalian bisa selamat di dunia, tapi cilaka selamanya di akhirat…

  • noro sutopo 2:54 pm on October 26, 2013 | # | Reply

    begini saya peserta jamsostek.mslnya kartu jamsostek saya belum dinonaktifkan sedangkan perusaan tempat saya bekerja sudah gak ada.alias bangkrut..setelah saya datang kejamsostek katanya gak bisa dan ditolak..jd hrs bagaimana untuk masalah saya.

  • salehju 5:42 am on November 18, 2013 | # | Reply

    Kalau begini caranya suara kita anggota jamsostek harus kompak bagaimana solusinya dengan kondisi seperti ini, saya juga waktunya urus claim karena sudah risign 5 tahun, saya juga pernah cek kartu anggota saya juga tidak bisa lagi untuk cek saldo, kelihatannya ini ada oknum yg bermain. Mungkin ada saran trik2nya supaya lancar pengurusannya.

  • diah ayu puspitasari 6:03 am on December 4, 2013 | # | Reply

    ANAK SAYA DEMAM TINGGI DI BILANG KONDISI TIDAK URGEN, jamsostek bisanya cuma menerima dana tapi claimnya susa minta ampun….
    padahal yang di bayar perusahaan kami ke jamsostek begitu banyak, dan keluarga saya sakit juga cuma sekali, tapi malah di persulit… hmmmm benar benar mubadzir ikut jamsostek, malah dapat sakit hati

  • noro sutopo 8:45 pm on December 5, 2013 | # | Reply

    klo pencairan dng persaratan lengkap sih gampang..permasalahanya pegaiwai jamsostek terlalu kaku.dan gak mau tau bahkan gak bisa ngasih solisi atau kebijakan.seperti kasus saya..kartu jamsos..blm dinonaktifkan sedangkan perusahan sudah gulung tikar alias bangrut.sekarang sudah 5 th lebih.paklaring ada persaratan lain lengkap…apakah uang saya jd uang jamsostek…dibilangnya yaitu aturan..ada solusi gak gan……

  • dancuk 3:40 am on February 5, 2014 | # | Reply

    Pelayananya sangat tidak memuaskan.

  • inisial m 11:11 am on February 12, 2014 | # | Reply

    dimana tanggung jwb pt jamsostek ini mengenai kliem kesehatan.karena pengalian ini ke bpjs.katanya siap per 1januari2014.ternyata apa yang kita trima kerugian dan penyesalan karena ikut program ini.karena apa kita kliem tidak ada penjelasan dari pihak terkait.kapan ini siapnya ini

  • samsudin 3:46 am on February 20, 2014 | # | Reply

    Saya kecelakaan pada tanggal 21 november 2013,dlm selang 2 hari sy klem jamsostek ke outsourcing saya,hingga update tanggal 20 febuari 2014 kleman saya gak turun juga sebenar ya kesalahan ada di mana sihh,kalau menurut prosudur kleman saya sudah lampirkan smua dan menurut pihak outsourcing sedang lg Άϑå masalah di jamsostek tapi yang gak abis pikir knapa saya yang jadi korban ketidak beresan jamsostek kleman saya sampai tidak bisa turun,gmana saya mau percaya sama jamsostek dan outsourcing saya kalau masalah begini aja gak bisa di tangani dengan baik

  • jhon 12:27 am on February 25, 2014 | # | Reply

    saya udah mencairkan tpi sampai sekarang blum d transfer jg saya hrus gimana skarang

  • enjang 7:37 pm on April 17, 2014 | # | Reply

    Selamat Siang Biro Humas Bpjs

    Paerkenalkan saya pemegang kartu jam sostek dengan

    No KPJ : 07010762289

    Terdaftar sejak :00-11-2007

    Tempat bekerja

    1. PT Mahsing Indonesia (11-2007 => 12-2010)

    JL. JABABEKA XII B BLOK W.17-20 KAWASAN, INDUSTRI JABABEKA CIKARANG BEKASI

    2. PT Oriental Manufacturing Indonesia (12.2010- Sekarang)

    Sekarang ganti nama jadi PT Kasai Tecksee Indonesia

    Karawang International Industrial Citty ( KIIC ) Lot C4-B,

    Jl. Toll Jakarta Cikampek Km. 47 Karawang – Jawa Barat

    Sebelumnya saya check Saldo JHT di web site tertera ada 2, tempat bekerja saya

    Yaitu PT. Mahsing Indonesia & PT. Oriental manufacturing Indonesia

    Pada masing masing tempat kerja saya tersebut saldo JHT masing-masing ada

    Setelah saya diberikan buku JHT dari PT. yang sekarang saya bekerja & saya

    Check di website, ternyata Saldo JHT yang ada hanya di tempat sekarang saya

    Bekerja, jadi yang saya mau tanyakan saldo ditempat dulu saya kerja/ di PT, Mahsing

    Indonesia, saldonya kemana, rincian perhitungan saya ada di bawah / terlampir

    Bila da rincian perhitungan dari BPJS bisa di emailkan ke saya, mohon konfirmasi

    Secepatnya,

    Atas perhatian & kerjasamanya kami ucapkan terimakasih

    Wassalam

  • y.firmansyah 4:32 am on May 12, 2014 | # | Reply

    saya sarankan bikin blog untuk indonesia pintar::jangan takut karna sebagian hak kita ada di sana.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: