Pelayanan Klaim Jamsostek

Pelayanan Jamsostek mulai seperti pelayanan publik yang profesional tetapi dibalik itu tersirat niat yang kurang profesional , malah terkesan mengulur waktu(penipuan ??) dengan alasan gagal teknologi (Gatek).

Awalnya saya ke salah satu kantor cabang jamsostek , untuk mengurus pencairan klaim JHT, saya dijemput oleh Satpam didepan pintu masuk , ibarat bos besar yang terlambat masuk kantor yang datang langsung dibukakan pintu ruang tunggu yang ber AC, kemudian saya ditanya tentang maksud kedatangan, setelah saya beritahu .., beliau menjelaskan sedetail mungkin berkas yang harus dilengkapi, antara lain “KTP, Kartu Rumah Tangga, Kartu Kepesertaan, SK Pensiun, Buku Tabungan, dan lain-lain” .

Karena belum lengkap yaitu kekurangan Kartu Rumah Tangga , saya meminta kebijaksanaan , ini kan KTP dibuat berdasarkan Kartu Rumah Tangga, tetapi dijawabnya dengan tegas bahwa itu aturannya, ok saya pulang kerumah untuk melengkapi.

Keesokan harinya saya datang lagi menyodorkan kelengkapan yang semuanya Asli , lalu diminta lagi masing masing 1 lembar foto copinya, terpaksa saya pulang lagi untuk fotocopi, kemudian memasukan dokumen yang diminta, setelah diperiksa/ verifikasi  oleh Bapak alias Bapak Jamsostek ( verifikasi bahasa krennya diperiksa) , ternyata KTP saya sudah kadaluarsa 1 bulan yang lalu, “wah ini harus KTP yang masih berlaku ” jadi harus memperpanjang masa berlaku KTP , jadi harus kekelurahan , saya mulai dongkol, kok pelayanan prima suatu BUMN terbesar dan Tunggal di Republik ini begitu kaku, tetapi saya menyadari BUMN-nya tidak kaku yang kaku pegawainya. dengan nada dongkol saya mengusulkan diluar ketentuan yang berlaku yaitu menawarkan identitas lain (SIM- A) yang masih berlaku, rupanya setelah dikonfirmasi dengan bosnya alias Bos Besar Jamsostek yang ada duduk manis didalam ruangan ternya boleh asalkan alamat sesuai dengan KTP, untunglah  alamat masih sesuai, tetapi saya harus pergi fotocopi lagi, setelah fotocopi , mulailah proses pengecekan data peserta, ternyata menurut komputer di Kantor pusat Jamsostek bahwa premi yang dibayarkan oleh perusahaan tempat saya bekerja kurang 1 bulan berarti harus menunggu konfirmasi dari pusat, beliau menjanjikan 2 minggu kemudian baru datang lagi untuk mengetahui kepastiannya, kemudian saya tanyakan lagi, kok 2 minggu , sekarang kan jamannya online , dijawabnya ini ada kesalahan , kemungkinan perusahaan bapak belum bayar premi terakhir atau kami yang belum input datanya , jadi kata saya dengan emosi yang masih direm-rem ” justru itu, bapak jamsostek seyogyanya menanyakan langsung ke kantor pusat jamsostek, kesalahan ada dimana” tetapi dijawabnya secara profesional dan tegas tanpa irama (bagai informasi mesin penjawab)  ” itulah prosedur kami, 2 minggu, kalau bapak tidak mau sabar silahkan bapak telefon langsung” , karena saya tau aturan , apa boleh buat , saya menunggu 2 minggu kemudian

Selang 2 minggu, saya telefon lagi, ternya jawaban dibalik telefon sangat enteng dan merdu ” Bapak Jamsostek lagi cuti , jadi tunggu saja kalau sudah masuk bapak telefon lagi” , kemudian saya katakan lagi, bagaimana seandainya bapak jamsostek mati tiba-tiba , berarti berkas saya turut mati donk, lalu jawabnya dengan sedikit terpaksa, ” Kalau begitu, saya sambungkan ke bahagian transfer , siapa tau sudah ditransfer ke rekening bapak” , tunggu punya tunggu kira2 3 menit kemudian baru ada yang angkat , katanya ” bos transfer lagi online , kira2 10 menit lagi baru telefon lagi”, selang 10 menit saya telefon lagi langsung ke bos transfer , lagi -lagi bos transfer tidak berada di tempat katanya “ke Toilet” , mungkin juga benar ketoilet karena saat ini lagi musim mencret.

Selang 3 hari kemudian saya telefon lagi, Alhamdulillah ..bapak jamsostek tidak jadi mati, tetapi masih tugas lapangan , jadi saya diminta menghubungi stafnya bos jamsostek , setelah saya menjelaskan permasalahannya, katanya ” Sebentar saya hubungi Jamsostek Jakarta , satu jam kemudian telepon lagi” , sabar …1 jam saya telefon lagi , jawabnya ” susah menghubungi jamsostek jakarta , nanti setelah ada khabar saya (staf bos jamsostek) yang akan menelfon untuk menginformasikannya” , Alhamdulillah jawaban yang sangat menyenangkan…syukur masih ada staf bos jamsostek masih mau berjanji .., tetapi tunggu punya tunggu .. janji yang kunantikan tak kunjung tiba…, sabar….

Dua hari kemudian tepat hari Kamis tgl 24 Desember 2009) saya telefon lagi, syukur diterima langsung oleh bapak jamsostek…, cuma nadanya agak ketus…mungkin belao kecapaian dari tugas lapangan.., sehingga keluar kata kata asli  mahluk jamsostek…” Kalau tidak percaya silahkan tanyakan langsung ke kepala alias Bos Besar Jamsostek di daerah atau tanyakan langsung ke perusahaan bapak(saya)”, kemudian saya jawab…oh..saya percaya aturan jamsostek.., aturanya pasti bagus.. malah mungkin sebagai BUMN terbesar di Republik ini Jamsostek mempunyai prosedur yang telah distandarisasi.., mengenai perusahaan tempat saya pernah bekerja , saya juga tau bahwa mereka patuh terhadap undang undang tenaga kerja, jadi kalau mereka ada selisih faham tentang aturan hak dan kewajiban , pasti ke 2 BUMN tersebut berkomunikasi”, karena jengkel saya tutup telefon. biarin aja waktu yang menyelesaikan persoalannya…

selang satu jam kemudian saya ditelefon dari Divisi SDM , perusahaan tempat saya bekerja, katanya “Persoalan saya sudah tuntas dan selesai di tingkat Pusat”, memang 1 hari sebelumnya saya telah menghubunginya, ternyata perusahaan tempat kami bekerja ada reaksi proaktif, sesuai komitmen para Direksinya, tidak pernah menelantarkan karyawannya apalagi pelanggannya.

Karena usil.., hari senin tgl 28 Desember 2009 , saya telefon ke Bos Jamsostek , dijawanya ” Maaf saya lagi sibuk..tolong diingatkan saya melalui SMS ini nomor HP saya (XXXXXXXXXXXXX), lagi pula inikan akhir tahun , kami tidak ada lagi transaksi.. sampai tanggal 5 Januari 2010. ” lalu telefon ditutup dan pembicaraan selesai..

Karena usil..gak ada kerjaan..saya buka website Jamsostek , memang tertulis bahwa klaim akan dibayar selambat lambatnya 1 bulan setelah diajukan…, kalau melihat permasalahan yang kami alami pada hari ini, sewaktu saya menulis blog ini udah lebih dari 1 bulan…saya tidak tau, apakah karyawan jamsostek yang berbohong atau websitenya , yang jelas  itulah kenyataan yang dilakukan olah karyawan BUMN Jamsostek (patuh terhadap aturannya) yang diterapkan kepada pelanggannya…, entah bagaimana nantinya nasib Peserta Jamsosnas kalau PT Jamsostek dengan kualitas pelayanan dan aturan seperti ini…mudah2an ada perubahan.. dan menjadi masukan kepada Bapak-Ibu Dewan Perwakilan Rakyat (Kita Orang) yang ada di Jakarta. [5 januari 2010]

Karena usil jam 11 siang saya coba hubungi No HP xxxx, tetapi tidak ada respons , kemudian saya hubungi Telp Kantor Cabang, dan disambungkan ke bapak jamsostek, kata belau “kami belum bisa realisasikan karena sistem kami seluruh Indonesia off line” , kemudian saya katakan ” Apa hubungannya sistem Komputerisasi jamsostek dengan transaksi pembayaran, data saya kan sudah ada di kantor cabang Jamsostek”, tetapi keluar lagi jawaban klasik mahluk jamsostek “Kalau tidak percaya tanyakan saja ke bos saya” selanjutnya keluar lagi janji gombal ” tanggal 7 Januari 2010, kami akan transfer ke rekening, tetapi kalau beluk masuk tolong di telefon lagi” , jawab saya…” saya percaya..tetapi ingat semua informasi Anda saya catat dan saya teruskan ke Kantor Pusat Jamsostek”.

Selang 2 jam kemudian saya di telepon oleh Bapak Bos Besarnya Jamsostek ?, dengan nada dan suara yang sangat profesional dan bersahabat “Klaim Bapak(saya), sudah dapat dicairkan, kalau mau ditunaikan hari ini di Kantor atau ditransfer hari ini atau selambat-lambatnya besok” katanya menawarkan alternatif…

103 responses to “Pelayanan Klaim Jamsostek

  1. situsnya juga payah mas. daftar jadi member dibilang data tidak valid. padahal sudah sesuai dengan yang dikartu.
    Bikin keluhan di ‘kontak’-nya, setelah puas nulis keluh kesah dan klik submit di bilang “wrong number. please try again”
    dan ‘try again’-nya itu kita dikasih form yang kosong lagi.
    busyet dah…
    Kaya’nya IT-nya cuman bisa ms office doang nih

    • betul sekalee bang..teman sy smp napsu (bukan birahi) krn tiap kali memasukkan datanya selalu dijawab data tdk valid..pdhl no kepesertaan sesuai dgn yg tercantum di kartunya. Saya merasakan makhluk2 jamsostek itu berwajah serius, melayani dengan buru2, yaa kalo mau santai sih dipantai aja jemuran matahari leyeh2 gak usah kerja! bukan begitu? kan mereka dibayar untuk melayani…hendaknya tetaplah bersikap manis walau hati sedang bete mgkn urusan RT atau masalah sm pacar dsb…trus waktu terakhir kali saya ngurus claim kecelakaan kerja karyawan, si makhluk petugas JKK malah sewot ketika sy minta konfirmasi ttg pencairan claim tsb mengingat sdh 2 minggu berselang seperti yg dijanjikan…dgn nada sewot dia minta surat kuasa dari perusahaan yg sudah distempel cap perush, beserta foto2, fotocopy KTP dll..yg katanya harus dibawa pd saat mencairkan claim…ooow dia seperti petasan cabe rawit nyerocooos mulu krn argumen2 saya selalu dibantah…looh waktu terakhir kali sy masukkan tuh berkas2 yg sudah lengkap disitu jelas di terima oleh makhluk jamsostek lain krn wkt itu dia sdg dinas luar…naah si mahluk yg nrima berkas saya ini gk bilang apa2 mengenai surat kuasa dan tetek bengeknya…kok knp dia marah2 gitu ke saya?? tapi akhirnya dia nyerah juga karena memang dia salah….gk ngasih petunjuk apapun kesaya kok dgn semena2 marah2 gak jelas minta surat kuasa..untunglah saya ini org yg bijak, hingga saya tanyakan bagaimana sy bs dpt contoh surat kuasa tsb? apa saja syaratnya? saya ambil dimana?? kemudian (mungkin udah hilang tuh kerasukan setan ditubuhnya) dia mendadak menjadi bersikap manis dan sangaaaaat kooperatif sekale menerangkan kpd saya..aah belum lagi kartu JPK yg bolak balik salah ketik, yang kurang lah, yang datanya ke keinputlah…bagaimana bisa selalu salah??? kayanya gak layak deh sebagai penyelenggara jaminan sosial…harusnya jaminan private…namanya juga sosial itu kan banyaak dr kalangan bawah, menengah, atas, samping kanan kiri yaa wajarlaaah kl customernya buanyaaak….untungnya banyak juga kaan dari kita2…??!! itu sih sedikit pengalaman saya…dan akan masih banyak lagi hal hal yg pasti nyeleneh terjadi disana…karena saya adalah staff yg bertugas mengurus jamsostek di perush saya…..huaaaaaaaaa…..hiks hiks……

    • Tulisan dan jawaban ini tertanggal tahun 2010 dan 2011… sekarang tahun 2013 dan tidak ada perubahan sama sekali. Hingga hari ini saya tidak bisa daftar online. Padahal data sudah diperbaharui, dokumen dikirimkan, sudah didatangi pula, dan saya minta dibikinin aja username dan passwordnya kalau customer nggak bisa bikin. Dijanjikan 3 hari… hingga 2 minggu… sampai 2 bulan…

  2. Sukarno Darsomartono

    Pengalaman ini apakah akan terjadi dengan saya juga ya ??? Karena saya sudah sebulan lebih memasukkan klaim pastinya tanggal 15 Aril 2011, sampai sekarang belum juga ada konfirmasi.Saya sudah berupaya menghubungi yang disarankan bagian penerimaan klaim katanya setelah 10 hari kerja suruh menghubungi nama-nama yang extension-nya saya ada. Tetapi setiap saya hubungi tidak pernah diangkat.Jadi saya harus sampai kapan menunggu yaa??????

  3. saya telp jamsostek cabang setiabudi. saya telp 10x, operator tidak menjawab. udah siang operator, blm dtng juga. tolong deh.

  4. Pelayanan Jam sostek cilandak. Antrian sangat panjang terutama untuk pengumpulan formulir JHT pengambilan scr tunai sangat panjang dan hanya dilayani oleh 1 orang. Orang yg mengantri tidak diberikan informasi kira2 sampai no berapa petugas akan break istirahat shg org menunggu lama ditambah harus menunggu waktu istirahat . Seharusnya dapat diantisipasi dengan penambahan jumlah personel pd loket yg berantrian panjang dan diinformasikan nomer yg akan dipanggil stlh istirahat sehingga pengguna jasa jamsostek dapat lbh efisien dalam meminta layanan jasa jamsostek. Petugas pd saat istirahat on time dan kembali pada jam ssdh istirahat juga hrs ontime!

  5. aku jg bingung udh lebih sebulan klaimku belum cair, padahal aku harus bayar hutang buat biaya operasi mataku, tak ada yang kulakukan sprti yg mas katakan “percaya.” n akupun percaya dg management perusahaan n jmsstek, mkin tidak terlalu besar bg org beruang tp bagiku 30jt itu hutang yg sangat besar dan saat ini aku hanya berdoa semoga Allah swt memberi kemudahan dan kelancaran, amin

  6. kalo gua alhamdulillah ga terlalu bermasalah ma jamsostek baik untuk program kesehatannya ato jhtnya. Justu yang rese tu HRD perusahaan yang kurang bagus ngasitau ke semua staff, jadi miskom. jadi gua konsul sendiri sama petugas AOnya. So far asal ikutin prosedur (walau perlu mondar-mandir n tanya2/ rempong dikit lah) ya lancar2 aja. Palingga prosesnya termasuk cepet dibanding asuransi laen yg bisa berbulan2 (untuk kesehatan y).

  7. Hello my friend! I wish to say that this post is amazing, great written and include almost all significant infos. I would like to see extra posts like this .

  8. Ternyata banyak juga yang senasib,jht harusnya da cair dari 4 bln yang lalu sampai sekarang blm bisa turun juga karena kesalahan pihak jamsostek yang salah memasukkan data ke kartu saya, tapi tindakan pemisahannya yang katanya dilakukan oleh jamsostek jakarta pusat sampai saat ini tak kunjung selesai,sampai kapan harus sabar menunggu uang kita sendiri…jamsostek tolong dong diperbaiki kinerjanya khusunya yang bagian atas2…semoga Tuhan mendengarnya.

  9. bner bngt tuch,,,klo kasusku ribet di perusahaanku kerja yang tega telantarkan kryawanya.untuk jamsostek tolong hak kita karyawan lebih dipentingkan..jangan memberatkan perusahaan yg menelantarkan karyawanya.persyaratan2 saya sudah komplit.hanya saja perusahaan yang gk pduli ma karyawanya,ingin ajukan klaim dipersulit pdhal saya tdk punya kasus di perusahaan itu.kalau mengerti bgni NO ikud jamsostek LAGI.karena hak kita dipersulit…

  10. endah wariastuti

    aku punya keluhan nih, mo nyairin dana jamsostek….
    kartuku hilang, aku dah bikin surat kehilanngan dr kepolisian trs surat hilang dr jamsostek stempel perusahaan juga udah ada…
    yang jadi masalah, aku ga hapal no KPJnya, ma pihak jamsostek di suruh nanyain nmr KPJ ke pershn t4 kerja, dah nanya ke prshn… tp pihak HRD bilang kantanya prshn tidak punya data2, dan HRDpun tidak di ijinkan oleh jamsostek tau itu dgn alasan itu bersifat sangat rahasia….
    mohon kasih solusi ya,,,,, makasih….

  11. Sama bos…biasa uang masuk lebih gampang dibandingkan uang keluar….mungkin termasuk prestasi kalo uang yang dikeluarkan sedikit perbulan…walaupun itu haknya orang….kayaknya keringetnya orang jangan pakek diasuransiin segala deh…bahaya

  12. senasib dech..sudah ke kantor jamsostek setiabudi jauhnya minta ampun, semua surat surat persyaratan sudah lengkap tapi tetap aja ada alasan nya kata nya dari perusahaan tempat sy bekerja kurang pembayaran nya. setelah saya konfirmasi ke kantor lama saya bagian pengurus jamsostek nya bilang sudah bayar semua alias lunas dan tidak ada tunggakan serta memperlihatkan bukti bukti pembayaran nya.. nah loh mo percaya yang mana nih? hanya Tuhan yang tahu.. mohon di berikan kemudahan mu ya Tuhan…

  13. Halo Trisa, saya juga coba telpon jamsostek cabang setiabudi. Sampai pulsa habis banyak, tetap aja “maaf, nomor yang ada tuju, tidak ada yang menjawab”. Lha kalau extension 0 (operator) tidak menjawab, siapa lagiiii?

  14. Jamsostek masih bisa Sombong, belum sadar yg gaji mereka karyawan, saya mau ambil uang saya saja dipersulit. Udah ada KTP asli copy KK, masih minta yg asli juga padahal harus balik rumah berkilo-kilo..
    Intinya MAU AMBIL UANG KITA SENDIRI kok susah, lain kali rekan2 saya tdk sy rekomendasikan buat jamsostek. Nabung di Bank saja gak ribet

  15. kampang jamasostek… nysake bae

  16. kubuuu jamsostek… karyawanya pada beladungan apa lagi bosnya… maka uang haram… siapa yg gaji kalian “rakyat” jangan gaya donk… biasa aja kale… p3l3r…

  17. benar sekali,,,,Jamsostek pelayanan jelek,,,kurang ramah karyawanya,,,kasihan kalau teman-teman ada yang sangat membutuhkan,,,tapi malah di persulit,,,,,apalagi di cabang daan mogot sebelah indosiar,,,,parah beud dah,,,untung saya orangnya sabar hehe,,,,ganti aja nama JAMSOSTEK jadi JAMDINDING haha

  18. jamsostek minus peayanan…memang tradisi di indonesia, klo masih dikelola oleh pemerintahan pasti nggak memuaskan, mending dikelola swasta…dasar negara aneh …

  19. jamsostek emang bajingan kau penipu anjing lo gk mikir masak masa komplain kecelakaan berlaku 2*24 jam klo lo mkir orang klo kena musibah ugd orang mikirin nyawa dan keselamatan dulu bukan mw komplain tp itu kesemapatan dan alasan mereka supaya anggota jamsostek gk ngerugiin pt tsb,manusia gk punya otak lo smg aja keluarga anada yg terjadi seperti itu

  20. bubarakan aja jamsostek tu anjing lo,manusia penipu

  21. hati – hati pak atau ibu nanti dibilang pencemaran nama baik atas jamsostek. saya kapok memberikan komentar jelek kepada jamsostek

    • tp klo pelayanannya, peraturannya memberatkan nasabah trs gmn?trs terang saja sya kecewa bgt dgn peraturan skrg,uang uang kita mo ambil susah

  22. Saya juga sedang menunggu transfer klaim jamsostek sampai hari ini baru 6 hari kerja ( sabtu minggu tdk dihitung ) karena janjinya max 7 hari kerja
    mudah2 saja nasib saya tdk seperti kawan2 yang sampai satu bulan lebih, dan mengenai tilpon kayanya operatornya mempercayakan 100% kepada sang mesin penjawab saya sudah kira2 8x belum pernah sekalipun sampai bicara dg mahluk jamsostek dan setiap kali tilpon saya disuruh nunggu beberapa menit ujung2nya “petugas dibagian yang anda tuju sedang sibuk”
    kalau ga percaya silahkan bapa2 direksi atau komisaris untuk mencobanya
    dan saya sarankan jari bapak2 pakai remason dulu yah……..

  23. Saya Peserta Jamsostek dr thn 2001, saya mau tanya ke Jamsostek Medan yg pusat tp berbeda skali jawaban yg sya terima dg jamsostek Bali, Manado. Bali & manado mrka bisa mencari nama perusahaan sdh bisa terlacak, Medan gbisa krn lasannya beda kota beda aturan. lho namanya Jamsostek kan On Line di seluruh Indonesia, ini jawaban Operator di Jamsostek Medan, Sumut, saya Sungguh2 kecewa skali

  24. jamsostek, katanya tranfer uang santunan kematian 3 bln sekali,, tp seharus nya bulan 10 sudah di tranfers,, skrk sdh november, blom juga di transfer,, apa uang kalian makan?????

  25. Jamsostek itu sepertinya SANGAT PEMALAS sekali. Saya mengajukan claim operasi cesar istri saya. dokter menganjurkan untuk langsung operasi cesar tanpa melakukan percobaan kelahiran dengan induksi. setalah saya diskusikan dulu dengan istri, maka kami menuruti saran dokter untuk melakukan operasi cesar tanpa percobaab melakukan lahiran normal dengan induksi. hal ini kami setujui karena kandungan sudah 40 minggu lebih 3 hari dan index air ketuban sudah turun. setelah operasi berjalan dengan lancar dan putri kami dilahirkan dengan selamat dan sehat, saya mengajukan claim lahiran ke jamsostek. tapi karena ada kesalahan penulisan pada resume medis, dan laporan operasi yang menyatakan bahwa pasien menolak untuk melakukan induksi terlebih dahulu, maka saya hanya bisa claim untuk mendapatkan penggantian biaya kelahiran secara normal saja. ketika saya meminta untuk konfirmasi langsung ke rumah sakit / dokter yang menangani pross melahirkan istri saya, mereka menolak untuk melakukan konfirmasi tersebut. apa yang harus saya lakukan agar para PEMALAS ini bisa mendapatkan data yang mereka butuhkan untuk membuktikan bahwa dokter yang meminta untuk melakukan operasi cesar?

  26. selain untuk klaim, katanya jamsostek memfasilitasi KPR (bantu uang muka)..
    berdasarkan keterangan,, untuk proses nya sebentar,, hanya beberapa hari, asalkan persyaratan sudah di lengkapi,, ini persyaratan sudah lengkap, tetapi bukan berhari-hari lagi kami menunggu kabar,, tetapi sudah berminggu-minggu,, kami coba konfirmasi, tetapi belum ada respon.. ini bagaimana??
    mengingat ada batas waktu yang di tentukan pembayaran uang muka, kami perlu quick respons,…

  27. ikut berbagi pengalaman sob, sekalian uneg-uneg. setiap aku berobat dgn menggunakan layanan kartu jamsostek. Dokternya selalu pake Jam Karet. nyata-nyata di tempat praktiknya tertulis dgn jelas, bahwa praktek dibuka Jam 17.00 s/d 20.00. biasa aku berobat pilih sore hari. tetapi karena dokternya Menggunakan jam karet, yaa… mau gak mau deh “Melar”/mundur jam buka nya menjadi jam.18.00.
    Usul sy kpd para dokter yg menerima pemegang kartu Jamsostek. Lebih baik ganti saja pemberitahuan Jam buka nya. jgn Jam 17.00. tetapi Jam 17.30 atau jam 18.00. capek tau menunggu…..!!!

  28. Kerja kontrak 1 tahun. usia belum 55 tahun. sampai saat ini belum dapat kerja. syarat-syarat sudah lengkap, kebutuhan hidup keluarga sangat mendesak. Sudah dua kali saya klaim ke Jamsostek tidak bisa untuk pembayaran JHT, harus nunggu usia 55 tahun peraturan Jamsostek, memenuhi masa kepesertaan 5 tahun + 1 Bulan.
    Itulah : “Jamsostek”

  29. Kecewa sekali kerja kinerja jamsostek cab cikarang memang betul pemalas biar pun sudah menahbah member untuk sdmnya tetapi masih banyak ditemukan masalah yang merugikan nasabah jamsostek

  30. saya pernah datang kekantor cab, jamsostek……………….. yang bikin saya bingung dan heran kenapa kebijakan dan aturan dalam menerapkan claim, tdk sama ? percuma dong ada kantor pusat, saran saya untuk jamsostek berikan pelayanan yg baik cepat dan akurat, seseorang mengclaim, pasti mereka butuh, dan yg mereka claimpun uang nereka, ingat PT JAMSOSTEK hanya mengelola uang karyawan peserta jamsostek, dari situ banyak mendapatkan keuntungan, jika sudah lengkap semua persyaratan kenapa tidak ? maju mundurnya perusahaan anda ada pada kinerja dan pelayanan anda, maju terus jamsostek !!!! tingkatkan kinerja dan pelayanan secara profesional.

  31. Chacha ciithya prayogo

    Saya juga mencairkan dana jamsostek dari tanggal 15januari sampai hari ini saya belum menerima uangnya.waktu dokumen saya dilampirkan,petugas jamsostek bilang uangnya akan ditransfer katanya tunggu selama 7hari,setelah 7hari saya cek keatm,ternyata no rekening saya sudah tidak aktif,lalu kemudian saya konfirmasi kepihak bank,katanya kalau rekening tidak aktif transferan tidak akan masuk dan akan tertolak secara otomatos.Lalu saya konfirmasi kepada pihak jamsostek kalau rekening saya sudah tidak aktif dan saya minta ditransfer keno rekening saya yang lain,lalu jawaban petugas kita tunggu return dulu,karena uang sudah ditransfer tanggal 20,dia bilang tunggu 2 atau 3hari.
    Setelah 3hari saya telfon lagi,jawabannya tetap sama,nunggu return dari pihak bank.1mnggu kemudian saya telfon lagi apa sudah ada return dari pihak bank atau belum,ternyata belum juga.saya sempat bingung,pihak bank bilang transferan akan tertolak secara otomatis tapi kenapa belum ada return kejamsostek.lalu saya tunggu sampai 3mnggu kmudian saya telfon lagi,jawaban yang mengejutkan dari pihak jamsostek,petugasnya bilang kita tidak adaa return,uang yang sudah dikirim tidak ada returnnya.putus asa saya saat itu,lalu transferan masuknya kemana?????karena pihak bank juga jawabannya seperti itu.sampai sekarang nih masalah belum terselesaikan,sampai udah 2bln lebih saya belum bisa menikmati hasil kerja saya sendiri.transferannya itu kemana donk,ada yang bisa jelasin……

  32. saya hbis oprasi biaya oprasinya saya kleim kan kejamsostek emang sy g pakek rujukan kepoli tp sy mintak resum medik jamsostek udh di isi docter yg ngoparsi saya,ternyata sampek sama klem2an sy tidk bisa cair.ktnya kurang rujukan,oprasi berencana….susah banyak alasan itu kan tabuangan sy sendiri kenapa hrs susah….yg penting jamsostek kan ada data saya disana msh aktif apa g?knp harus bayak syarat kn uang2 sy sendiri….seharusnya jamsostek bantu kita bukan mempersulit kita…..kl pelanyananya kanyak gni malas ikut jamsostek

  33. hampir sama dengan kasus saya yah., bedanya, saya klaim kecelakaan kerja., semua syarat sudah lengkap, dari tanggal 25juni2013 sampai sekarang belum cair tuh., jawabnya selalu tunggu., sedang di proses., karna bukan hanya melayani saya saja., jadi ya sabar., tapi gak tau deh cair atau tidak.,??

  34. Saya juga punya masalah dengan Claim Jamsostek. Sudah 2 minggu, jamsostek saya tidak cair. Nomor Telp: 527-9318
    ext 114 – Prita
    124 – Cici
    117 – Titi (bagian transfer)
    0 – Operator
    Semuanya tidak ada yang di angkat. Lantas saya harus kemana lagi?
    Wahai para pegawai jamsostek, sadarlah, apakah kalian tidak takut di cacimaki, disumpahin dengan orang2 yg dizolimin? kalian bisa selamat di dunia, tapi cilaka selamanya di akhirat…

  35. begini saya peserta jamsostek.mslnya kartu jamsostek saya belum dinonaktifkan sedangkan perusaan tempat saya bekerja sudah gak ada.alias bangkrut..setelah saya datang kejamsostek katanya gak bisa dan ditolak..jd hrs bagaimana untuk masalah saya.

  36. Kalau begini caranya suara kita anggota jamsostek harus kompak bagaimana solusinya dengan kondisi seperti ini, saya juga waktunya urus claim karena sudah risign 5 tahun, saya juga pernah cek kartu anggota saya juga tidak bisa lagi untuk cek saldo, kelihatannya ini ada oknum yg bermain. Mungkin ada saran trik2nya supaya lancar pengurusannya.

  37. diah ayu puspitasari

    ANAK SAYA DEMAM TINGGI DI BILANG KONDISI TIDAK URGEN, jamsostek bisanya cuma menerima dana tapi claimnya susa minta ampun….
    padahal yang di bayar perusahaan kami ke jamsostek begitu banyak, dan keluarga saya sakit juga cuma sekali, tapi malah di persulit… hmmmm benar benar mubadzir ikut jamsostek, malah dapat sakit hati

  38. klo pencairan dng persaratan lengkap sih gampang..permasalahanya pegaiwai jamsostek terlalu kaku.dan gak mau tau bahkan gak bisa ngasih solisi atau kebijakan.seperti kasus saya..kartu jamsos..blm dinonaktifkan sedangkan perusahan sudah gulung tikar alias bangrut.sekarang sudah 5 th lebih.paklaring ada persaratan lain lengkap…apakah uang saya jd uang jamsostek…dibilangnya yaitu aturan..ada solusi gak gan……

  39. Pelayananya sangat tidak memuaskan.

  40. dimana tanggung jwb pt jamsostek ini mengenai kliem kesehatan.karena pengalian ini ke bpjs.katanya siap per 1januari2014.ternyata apa yang kita trima kerugian dan penyesalan karena ikut program ini.karena apa kita kliem tidak ada penjelasan dari pihak terkait.kapan ini siapnya ini

  41. Saya kecelakaan pada tanggal 21 november 2013,dlm selang 2 hari sy klem jamsostek ke outsourcing saya,hingga update tanggal 20 febuari 2014 kleman saya gak turun juga sebenar ya kesalahan ada di mana sihh,kalau menurut prosudur kleman saya sudah lampirkan smua dan menurut pihak outsourcing sedang lg Άϑå masalah di jamsostek tapi yang gak abis pikir knapa saya yang jadi korban ketidak beresan jamsostek kleman saya sampai tidak bisa turun,gmana saya mau percaya sama jamsostek dan outsourcing saya kalau masalah begini aja gak bisa di tangani dengan baik

  42. saya udah mencairkan tpi sampai sekarang blum d transfer jg saya hrus gimana skarang

  43. Selamat Siang Biro Humas Bpjs

    Paerkenalkan saya pemegang kartu jam sostek dengan

    No KPJ : 07010762289

    Terdaftar sejak :00-11-2007

    Tempat bekerja

    1. PT Mahsing Indonesia (11-2007 => 12-2010)

    JL. JABABEKA XII B BLOK W.17-20 KAWASAN, INDUSTRI JABABEKA CIKARANG BEKASI

    2. PT Oriental Manufacturing Indonesia (12.2010- Sekarang)

    Sekarang ganti nama jadi PT Kasai Tecksee Indonesia

    Karawang International Industrial Citty ( KIIC ) Lot C4-B,

    Jl. Toll Jakarta Cikampek Km. 47 Karawang – Jawa Barat

    Sebelumnya saya check Saldo JHT di web site tertera ada 2, tempat bekerja saya

    Yaitu PT. Mahsing Indonesia & PT. Oriental manufacturing Indonesia

    Pada masing masing tempat kerja saya tersebut saldo JHT masing-masing ada

    Setelah saya diberikan buku JHT dari PT. yang sekarang saya bekerja & saya

    Check di website, ternyata Saldo JHT yang ada hanya di tempat sekarang saya

    Bekerja, jadi yang saya mau tanyakan saldo ditempat dulu saya kerja/ di PT, Mahsing

    Indonesia, saldonya kemana, rincian perhitungan saya ada di bawah / terlampir

    Bila da rincian perhitungan dari BPJS bisa di emailkan ke saya, mohon konfirmasi

    Secepatnya,

    Atas perhatian & kerjasamanya kami ucapkan terimakasih

    Wassalam

  44. saya sarankan bikin blog untuk indonesia pintar::jangan takut karna sebagian hak kita ada di sana.

  45. Dear,

    Bpjs/Jamsostek,

    Saya ingin menanyakan Hak saya :
    Nom Kartu : 08000195167
    Pencairan di Bpjs Cilandak Fatmawati
    CSO: Endang Susylowati

    Sejak tgl 20-08-2014 sampai sekarang belum cair.. mohon infonya? Ibu endang mengatakan 7 hari kerja ?

    Mohon kejelasanya kapan diteransfer?!

    Trerimakasih

    Ariandi

  46. saya juga begitu sampai saya selesai kontrak kerja dengan pt tersebut jamsostek kami informasinya tidak boleh diambil saya tidak tahu kesalahan dimana di pt kami dulu atau di jamsostek kota dumai, saya minta tolong pak kerjasama nya,

  47. saya bingung dengan saldo jamsostek,dri perusahaan yang saya sekarang bekerja tidak pernah menunjukan saldo jamsostek saya,saya coba mendaftarkan di online tidak pernah bisa,selalu dicoba tapi tidak bisa tertera keterangan disitu bahwa data tidak valid.saya harus mengadu kemana lg.?

  48. Pelayanan klaim jamsostek cab. jkt slipi gdg Dipo sangat susah ..di telpon tidak ada yang mengangkat…proses klaim jamsostek waktu 2 minggu, sedangkan teman saya klaim di jamsostek Bogor 2 jam cair…Gimana Jamsostek padahal dokumen saya lengkap….mohon dibantu thks…

  49. Apa keluhan saya adrianus joni sudah masuk

  50. saya terdaftar peserta jamsostek di tahun 1998.kemudian udah lama berhenti bkerja.tapi sampai saat ini saya belum mencairkan jht saya karena kartunya hilang.

    prtanyaan saya ada kah batasan waktu maksimal pencairan jht.sehingga akan hilang begitu saja.dan ada kah solusi pencairan jht untuk KPJ yang hilang.mohon penjelasannya terima kasih.

  51. Saya setuju dengan keluhan2 tentang jamsostek… jamsostek tidak bagus… mau ngambil uang sndri aja ko yaaaaa susah nya minta ampuunnn… terlebih2 staff jamsostek nya yang tidak ramah.. terlalu dipersulit..sampe saya pernah ketus terhadap karyawannya. Ditlp jg ga diangkat2..asuransi yg seperti ini mohon dan tolong dengan amat sangat untuk selalu kerja dengan profesional jangan kerja semau nya..orang jg ada keperluan..inget itu hak duit orang lain.

  52. Pak saya kecelakaan tgal 05 agustus 2014 klaiman saya di urusin perusahaan saya dan tgal 14 januari 2015 berkas ada yg kurang dan langsung saya penuhi tapi sampai sekarang saya tanya Masih diproses terus.
    Sebenarnya klaiman saya sudah turun apa msih diproses apa ga diproses
    Ini indentitas pelanggan saya
    13009196216
    03-2013
    122012088988

  53. dear teman2 senasib dan sepenanggungan,,,hingga saat ini dari posting pertama ternyata tdk ada perubahan atau tindakakan dari jamsostek sendiri /BPJS ataupun yg lebih berwenang,padahal sdh lama dan banyak ya…saya juga msh diperlakukan ala ,main pimpong..klo ditanya sampai kapan,petugas bilang..gak tau pak tergantung perusahaan bapak ..apalgi perusahaan saya mana care wong da gak karyawannya..hadeee..pantes negara ini jauh dari kesejahteraan dan musibah…soal hak pekerja yg sdh di bayarkan aja gak ada yg peduli, mau ambil di persulit, klo saya sih maunya pemerintah tutup aja jamsostek..gak bagus pelayanannya,masa komplain dana hari tua dikasih sama bagian marketing…semoga aja ini yg terakhir..klo jamsostek di tutup…salam

  54. cecep saeful bahri

    cecep saeful bahri

    dear,

    BPJS/jamsostek

    saya mau mnanyakan hak saya, :
    kartu JHT dan KTP saya hilang, saya sudah melengkapi dengan surat khilangan dari kepolisian , sy juga sudah meminta resi pmbuatan KTP di CATPIL, TRUS sy jg sudah melengkapi persaratan2 yg lain, seperti KK ASLI, PRAKLARING PERISAHAAN DLL.. tp kok hak saya blm bs sy dapat, menurut petugas DROPBOX , HARUS ADA ktp asli, sedangkan KTP sy selesainya 2bln, PADAHAL KAN SUDAH ADA SURAT KPOLISIAN DAN dari catatan sipil, sy minta penjelasan nya, trims

  55. nandang nurcahya

    Asaalamualaikum.. saya mau nanya kalo satu kartu jamsostek tapi 2 perusahaan gimana?
    Thun 2013 saya pernah di PT.INDOMARCO PRISMATAMA bekerja -/+ 1thun
    Skarang saya bekerja di PT . JAPFA C I
    kartu jamsosteknya sama..
    Itunganya gimana pak??

    • bantu jawab ya pak nandang…berdasarkan pengalaman sy, kl dalam 1 kartu 2 atau lebih perusahaannya, jumlah uang jamsostek kita otomatis bertambah dgn sendirinya kok, jd kl bpk statusnya masih bekerja maka jamsosteknya tidak bisa di cairkan, kecuali sudah berhenti di pt yg terakhir terdaftar jamsosteknya.

  56. saya andi dari serang banten. kenapa skrg di persulit unuk pengambilan jamsotek jht. dulu per 5 thn leat 1 bulan bisa di cairkan. tp knp skrg 10 thn baru bisa di ambil. dan tidak di kasih pemberitahuan dulu. tolong di perjelas untuk pihak jamsostek

    • Saya tunggu belum juga ada katanya 7 hri jm kerja,,saya check saldo jht ternyata 0 rupiah
      Tp uang nya blm di kirim,,apa uang saya di putar kaya lintah darat,,

  57. Perusahaan saya sudah ngajuin klaim kecelakaan kerja tgl 22 Juni 2015 dengan kelengkapan dokumen sudah OK, saya pun sudah ke kantor BPJS Balikpapan tgl 22 juni 2015 untuk konfirmasi kembali. Oleh pegawai BPJS nya dinyatakan sudah OK, tinggal menunggu pencairan 10 hari kerja. Sampai sekarang (1 bulan tidak ada kejelasaan) belum ada transfer dari pihak BPJS.

  58. ini semua karna para pemimpin/pembuat keputusan (eksekutip,legislatip) kita punya otak binatang, mereka hanya mementingkan partai,kroni2 dan keluarganya.
    hancurlah Indonesia ini sebentar lg.

  59. Chenel ANTV sungguh tidak karuan tayangannya, dan kurang profesional membagi tayangan kayak anak tiri yang diasingkan. Comment: BURUK.

  60. Saya klaim BPJS ketenagakerjaan tgl 05 september 2015, sampai sekarang blm jg cair… Saat ditanyakan kekantor cabang lubuk linggau., jawab nya tunggu proses transfer. Sedangkan belakangan dari saya sudah pada cair. Mohon bantu saya menyelesaikan maslah ini….

  61. bisa kam gk ke jamsotek

  62. peraturannya baru…pencairan 10 thn itupun gk full klo gk salah….mmg bener peraturannya semakin di bikin rumit, padahal klo di pikir itu uang kita, rejeki kita, tp giliran kita mo ambil di persulit krn aturan dll, tolong jangan pernah mempersulit rejeki org, haram hukumnya,gk takut byk di sumpahin org

  63. Wah parah juga,,nih..
    Perkenalkan Saya Taufiq hidayat ,ada sesuatu yg bikin jengkel nih tentang pencairan dana jamsostek..kronologi nya gini nih,saya dirumahkan mungkin bahasa kasarnya di phk kali ya..hehehe..dari Perusahaan dimana saya kerja tgl 17september 2015,nah setelah saya baca baca di situs online,,katanya peraturan terbaru jamsostek..bisa mencairkan dana setelah 1 bulan di phk,,wah langsung saja ya…setelah 1 bulan lebih saya bersama temen saya yg sama sama mau nyairin dana ke kantor cabang jamsostek solo,,,antrian gila banyak banget..padahal jam 9 pagi lho..setelah ambil antrian dan ambil formulir…saya isi semua dan tak lupa saya cek syarat syarat yg ditentukan oleh jamsostek..udah lengkap semua…yg bikin gokil antri 3 jam ampe kepanasan dihalaman jamsostek ampe dehidrasi…belum jg sampe ke nomor antrian saya..nah saya tanya sama petugas yg jaga dipintu depan..katanyanomer antrian saya kira kira nanti jam 3 an…waduh bisa garing nih. Ya udah saya tinggal pulang dulu aja..setelah jam 3 sore saya balik lagi…dan masih nunggu 30menit an…setelah dipanggil….tengtong…ternyata kartu jamsostek saya masih aktif dan tidak bisa diambil…kata petugas nya sih saya harus menghubungi perusahaan mantan tempat saya bekerja itu untuk menonaktifkan kartu saya..ok lah..setelah itu saya menghubungi mantan atasan saya supaya dismpaikan ke pihak management supaya dinonaktifkan kartu jamsostek saya..dan mantan atasan saya bersedia membantu saya setelah 2 hari mantan atasan saya itu menghubungi saya katanya penonaktifan kartu jamsostek saya sudah diurus pihak management..habis itu saya dateng lagi ke jamsostek..tanpa mengambil nomor antrian karna saya cuma mau menanyakan apakah sudah bisa dicairkan dana saya…dan ternyata jawaban petugas nya adalah…belum bisa karna masih aktif…waduh…gimana sih ini…kok ribet gini ya.
    Ya sudah lah…saya pulang..dan setelah 2 hari saya kembali menghubungi mantan atasan saya itu untuk minta tolong menyampaikanya ke management perusahaan….mantan atasan saya itu sangat baik dia mau membantu saya lagi dan setelah 1 hari kemudian dia menghubungi saya katanya penonaktifan itu sudah dilakukan pihak management perusahaan..tapi dia juga bilang..penonaktifan wewenangnya ada di jamsostek dan tergantung pihak jamsotek…
    Waduh jadi bingung nih…saya berfikir mau ambil hak saya kok jadi ribet gini gimana sih…ada apa sih sebnernya..pasti ada sesuatu yg gak beres nih.

  64. Saya haerudin dari bandung. sudah bekerja di sebuah PT selama 3 tahun, dan membayar iuran sejak Februariu 2012, tetapi sampai saat ini saya belum menerima kartu Jamsostek.
    terus masa kontrak kerja saya sudah habis – bagaimna jamsostenya bisa keluar tidak
    …..saya habis kontrak tahun 2015 akhir november … mohon jawabannya. …..terimakasih

  65. Saya sudah bekerja di sebuah PT selama 3 tahun, dan membayar iuran sejak Februariu 2012, tetapi sampai saat ini saya belum menerima kartu Jamsostek.
    terus masa kontrak kerja saya sudah habis – bagaimna jamsostenya bisa keluar tidak
    …..saya habis kontrak tahun 2015 akhir november … mohon jawabannya. …..terimakasih

  66. yth bpjs
    sudah 3 minggu saya mengajukan eclaim jht baru ada balesan lewat email bahwa sedang di proses dan sampai sekarang belum ada balesan email kedua yang menyatakan bahwa proses eclaim jht saya telah di setujui oleh bpjs cabang karawang .. salam kusmayanti

  67. peraturan pemerintah sekarang ribettttt………..

  68. Sepertinya “karyawan kita” perlu dirombak sistemnya (yang saya maksud karyawan kira disini adalah para staf jamsostek karena merekea kerja untuk masyarakat,yang gaji mereka kita2 yang bayar pajak dan memaksa wajibkan harus bayar uang jamsostek dari gaji, juga jadi mereka harus melayani kita bukan mereka yang menyuruh kita menunggu kalau kira butuh sesuatu,mereka yang harus aktif menghubungi kita bukan kita yang aktif mengemis2 minta kembali itu uang kita) undang2 nya udah mendukung rakyat, nah karyawannya yang harus diikutkan training hospitality. Karena mereka bergerak dibidang jasa jadi harus digembleng cara melayani masyarakat, harus ada standard tinggi selalu senyum, senyum, senyum, tidak bole ulur2 klo ada pelanggan meminta haknya, harus tanggap selesaikan…wah banyak harus belajar,saran saya buat jamsostek, rekrut lah karyawan dari orang2 yang lulus di bidang hospitality atau tambahkan training mengenai hospitality atau pelayanan. Aku jamin klo hospitality bagus,masyarakat happy dan kalian didoakan yang baik2 oleh masyarakat.tingkatkan standard tinggi hospitalitynya.kalau perlu saya mau jadi contoh tinggal ajarin saya work flow sistem dan saya akan implementasikan hospitality di dalamnya dan saya buatkan standard.haram hukumnya menunda untuk follow up hak rakyat.birokrasi bisa di cut dengan kemajuan teknologi,gunakan sistem jadi birokrasi hanya perlu buka sistem, kita tidak perlu lari sana sini.

  69. Gamana langkah mutasi pembayaran iuran bpjs swasta ke ketenagakerjaan.

  70. Gimana langkah mutasi iuran bpjs swasta ke ketenagakerjaan

  71. Memang benar di daerah saya juga begitu …

  72. ternyata banyak juga yg kesel ya sma kantor jamsostek… saya sudah bolak balik untuk mengklaim dana JHT milik saya sendiri, tapi CSO malah tidak percaya dengan paklaring asli perusahaan tempat saya bekerja (PT.Midi Utama Indonesia, Tbk)
    akhirnya saya kecewa dan tidak bisa di cairkan di cabang depok atas nama CSO “selfy

  73. kenapa sih sekarang untuk proses klaim harus melalui internet dulu utk daftar, setelah saya masuk ke proses e-klaim dengan masukkan data e-ktp, ada respon data tidak sama dngan data di bpjs mohon utk datang ke cabang terdekat. maksud respon ini apa? sudah brulang kali saya coba mell hp,komputer,laptop ttp muncul respon ini. mohon dibantu.

  74. deny khoirul anam

    kenapa saya cek JHT selalu lewat mobile jawabanya “nama dan tgl lahir anda tidak sesuai”
    padahal biodata yg saya kirim sudah sesuai ktp-e
    mohon bantuanya
    kpj saya 13013913374

  75. mau tanya kalo pencairan jht telat dari 7 hari gmna cara mencairkannya

  76. Jadi pusing aja nie pala..ko duit sendiri aja ko susahhhhh bgt ya d”ambilnya?

  77. Yohanes Hendra Kurhmeyer

    Saya udah klaim pencairan bpjs online,smua kolom ud saya isi,tinggal satu kolom untuk masukan kode,ket.kode dikirim melalui sms pd hp anda,,tapi sampai sekarang blum ada jawabany,saya ud tlp ke call center dan jawabanya lagi ada gangguan di online,,,trus gmn klaim saya,,,,

  78. kalu tau susah nya beurusan klaim jamsostek jht untuk apa di ada kan jamsostek JHT. uang hak kariawan kok bisa d ambil bener2 setan tu di adakan jamsostek.

  79. Sampe skrg pun masih buruk pelayanannya. Antri di batasin 25 per hari.. jam 4 pagi dah bnyk yg antri. Kyk antri sembako.. mw ambil hasil tetes keringat sendiri ribet.. pelayanan yg buruk ga bakal bs berubah

  80. Saya mau ngajukan e~klaim bpjs saya diperusahaan lama tpi saya bekerja kembali diperusahaan baru dgn keanggotaan bpjs yg berbeda apa saya bisa cairkn yg lama

  81. Saya juga sama.. cumn kendala ktp aja, padahal ktp saya baru bikin cumn bukn e-ktp, ttp ga bisa..smua berkas udh valid .. tp ttp ga bisa harus di ganti ktp nya pke e-ktp.
    Yg saya ga habis pikir.. apa bedanya ktp biasa sama e-ktp..?? Ok beda , tp kan data sama aja sesuai sama kk.
    Bikin e-ktp itu lama bsa nympe satu bulan bahkn lebih…saya sangat mengharapkn uang itu satusatunya harapn saya yg lgi mengagur..sampe sekarng blm cair 😦 semoga alloh melihat ini.

  82. aris maulana

    Gimana pak saya habis kecelakaan kerja jari 4 ku habis di amputasi. Perusahaan gak kasih santunan apapun gmana pak ini

  83. selamat pagi pak?saya mau tanya mengenai SOP klaim Bpjs ketenagakerjaan. yang saya mau tanyakan bisakah pengurusan klaim BiPJS ketenagakerjaan di wakilkan kepada sanak saudara di karenakan yang bersangkutan benar-benar tidak bisa datang ke kantor bpjs karna sedang mengandung.tolong untuk di bantu solusinya.

  84. saya bingung dengan layanan jamsostek,saya sudah risagn tapi mengapa masih aktif dengan massa tunggu jalan dua bulan saya mintak untuk dinon aktifkan juga masih belum bisa,saya bingung ama pihak jamsostek,sulitt dan amat sulit jelas jelas pakelaring dari depnaker juga ada,surat risagn pun juga ada,atribut lainya juga sudah lengkap,bahkan saking saya sulitya saya mintak form f1b dari perusahaan saya bilang NANTI JUGA NON AKTIF SENDRI ?saya bingung sedangkan saya mau mengklaim apa yg menjadi hak saya aja susah amat!apa saya poerlu lapor depnaker?mengapa pihak jamsostek tidak bisa menon aktifkan/ sedangkan jelas!! pakelaring pun sudah ada,permohonan f1b yg perusahaanya gkmAU ISI JUGA ADA,bahkan surat risagn pun juga ada,jamsostek cabang cilandak sangat lamban dalam kasus ini,pelayananya kurang maksimal,mementingkan perusahanya sendri dari pada ke anggotanya!bingung dan amat sulittt,,,sedangkan pemerintah tahun 2015 mengeluarkan uu bahwa ke anggotaan bisa mencaerkan dananya setelah risagn,bahkan dana tersebut bisa diterima 100% tapii apa….ada apa dengan jamsostek dengan perusahaan??sehingga kami pgen mennon aktifkan aja susah!!bahkan mencaerkan saja saya harus keluar otot!!!!

  85. mohon maaf sebelumnya.mengapa tak ada balasan lg dari pihak jamsostek,setelah e-klaim saya sudah direkam yg sudah saya uploud.maaf saya hanya ingin tahu apakah di acc apa tidak pencairan dana jht saya..makasih..mohon penjelasannya..

  86. nendi suhendi

    Masa kita mau ambil uang punya kita gak bisa . . Padahalkan itu hak kita buat ambil uang kita .. tapi knpa malah gak bisa karna masih bekerja di tempat yang baru .. gak ada sangkut pautnya kali kan ngambilnya Yang lama lagi juga udah 6 thn saya tidak ambil .. jgn begitu praturannya dong .. itu kan milik saya hak saya buat ambil .. tolong dong bikin praturan baru lagi .. walaupun kita udah gak bkrja di tempat lama dan ada jamsostek di tempat baru harusnya bisa di kluarin uang kami .. makasih

  87. saya putra, kenapa JHT saya tidak bisa di buka ya, padahal saya mau cek saldo, alasan ya, DATA nik ktp anda tidak sesuai, pastikan nama dan tgl lahir sesuai dengan data yang tercatat di e_ktp.
    tolong dong di perbaiki..
    makasih..

  88. Gimana cara mencairkan jamsostek apa bila ada tunggakan iuran dr kantor tempat sy bekerja?

  89. Assalamualaikum.. saya mau tanya kenapa pencairan JHT sllu diundur2, setiap ditanya sllu jawabannya ” Ya Pak/Bu ditunggu aja seminggu lagi cair “. kenapa pencairan skrg dipersulit, pdhal mau ambil Uang sendiri. jika ditelepon kekantornya mengenai masalah pencairan disuruh datang ke kantor Jamsosteknya, tp kala datang alasan2nya macam2.. sampai kapan Pelayanan ini seperti ini, kasian bagi orang yg susah yg memang benar2 membutuhkan. Janganlah kala nasabahnya ingin melakukan pencairan dipersulit, bagaimana mau maju kalo pelayanannya tidak memuaskan

  90. Assalamualaikum saya mau tanya kenapa dalam Pencairan JHT sllu diundur2, setiap dikomplain jawabannya sllu aja ” Ya Pak/ Bu ditunggu aja seminggu ” pdhal dari awal pengurusan uda hampir sebulan. Apakah ibegitu caranya sebagai Pelayanan Masyarakat. kasian bagi orang yg tidak mampu, mungkin membutuhkan uang itu tp sllu dipersulit.pihak jamsosteknya. Mau sampai kapan pelayanannya seperti ini..Janganlah suka mempersulit orang didunia kalo tidak mau nanti diakhiratnya dipersulit.

  91. Klo boleh kasih saran ke jamsostek. Klo bisa jamsostek bisa nonaktifkan sendiri tanpa harus perusahaan kita bekerja yg lama yg nonaktifkan. Karna perusahaan jg kadang mempersulit kita. Sampai 4 bulan setelah resign blom jg nonaktif.

  92. udh 2minggu lebih blom di tranfer…jdi binnggung. dri tgl 29smpai saat ini uang blom di cairkan??

  93. mhn maaf,,sy hanya mau nanya butuh brp lama wkt utk pencairan dana,,,sedangkan berkas semua sdh d lengkapi,di kirim dari kantor adik sy (fanbo) lewat kantor bpjs ketenagakerjaan grogol….sementara adik sy sdh meninggal dunia 1thn lalu…adik sy meninggal pd wkt melaksanakan tugasnya…mohon informasinya…terima kasih.

  94. Saya juga ingin brkeluh kejadian bpk diatas sama trjd dgn saya, yg saat itu saya mngajukan klain jht alm. Ayah saya yg saat brkas sudah rapi lalu trnyata ayah saya mendaptkan santunan kematian untuk saya, namun sampai hari ini belum ada kabar dan saat djnjikan akan dtransfer sampai sekarang juga belum, bisa dibantukah kejadian saya ini. Karna dana mau saya prgunakan. Terimakasi.

  95. Saya urus klaim bpjs ketenaga kerjaan di cabang terdekat pada tanggal.10-2-2017
    Sampai dengan tanggal 21-2-2017 belum juga turun fia transfer dan sedangkan orang yg bareng dengan saya sudah turun.
    Bagaimana caranya agar bisa segera turun dikarenakan saya butuh buat keperluan.
    Terimakasih

Leave a reply to desya Cancel reply