Fenomena Sampah

Fenomena Sampah
Sampah merupakan salah satu masalah lingkungan yang perlu mendapat perhatian. Permasalahan sampah tersebut semakin kompleks dalam kaitannya dengan pengelolaannya karena, kuantitasnya semakin meningkat, semakin bervariasi jenis komposisinya, keterbatasan sumber dana bagi pelayanan umum, dampak perkembangan ekonomi dan juga semakin tingginya aktivitas-aktivitas sumber potensial adanya sampah.

Kehadiran sampah merupakan hal yang tidak diinginkan dan dapat menimbulkan pencemaran apabila daya asimilasi alam tidak mampu lagi mendukungnya. Selain itu sampah erat kaitannya dengan kesehatan masyarakat karena dari sampah tersebut dapat hidup berbagai organisme penyebab penyakit baik secara langsung maupun tidak langsung melalui perantara vektor. Penyakit-penyakit terbut seperti Tyhpus abdominalis, diare, Dengue Haemorhagic Fever

Beberapa contoh permasalahan sampah dikota-kota:

1.Palu , Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah, Fenomena Sampah (Kasus Kota Palu) , permasalahannya bukan hal tersebut diatas tetapi disebabkan Kebodohan, tidak mau tau atau kebobrokan para pejabat pemdanya khususnya Dinas Kebersihan Kota. Mobil Sampah yang sudah penuh dan malah tumpah2 dijalan dan sangat Bau harus melapor dahulu ke Boss Sampahnya di Jln Pipit dekat kantor Balai Kota , Kodim dan kantor pemerintah lainnya, barulah boleh dibuang ketempatnya (sumber pelanggan )

2. CILEGON – Dinas Kebersihan dan Pertamanan setiap harinya ter­nyata hanya bisa mengangkut 50 persen total sampah yang ada di Kota Cilegon. Lagi-lagi ma­salah keterbatasan anggaran, luas­nya wilayah, serta minimnya sa­rana dan prasarana dijadikan ala­san. “Kita hanya mempunyai 22 truk, 12 becak motor, 36 ge­robak, dan 74 kontainer, serta 150 tenaga harian lepas (THL), (sumber : Radar Banten)

Leave a comment