Keluhan Pelanggan

Stasiun televisi swasta

Berikut adalah daftar 10 Stasiun televisi swasta pertama di Indonesia:

1. RCTI

RCTI atau Rajawali Citra Televivi Indonesia adalah satsiun televisi swasta pertama di Indonesia. RCTI didirikan untuk saranan alternatif siaran tontonan yang menarik yang sebelumnya selalu didominasi oleh TVRI (gimana nggak mendominasi, la TVRI kan stasiun televisi satu-satunya di Indonesia). Dan mengudara pertama kalinya pada tanggal 1 Januari 1987. dan kemudian memulai siaran percobaan secara global pada tanggal 1 januari 1988 dan Diresmikan pada tanggal 24 Agustus 1989. Pada awalnya Ijin siaran RCTI awalnya adalah untuk area Jabodetabek, tapi karena semakin hari semakin banyak peminat siaran RCTI, maka kemudian RCTI mulai siaran secara bebas di Indonesia dengan dibarengi ijin pemerintah atas hak siaran di Indonesia pada tanggal 24 Agustus 1990.

2. TPI

TPI (dulu merupakan singkatan dari Televisi Pendidikan Indonesia) merupakan Stasiun Swasta kedua di Indonesia, pada awalnya, TPI merupakan stasiun yang berbagi dengn TVRI yang khusus menyiarkan berbagai acara pendidikan dan edukasi. Mengudara secara nasional pertama kalinya pada tanggal 1 Januari 1991.dan diresmikan pada tanggal 23 Januari 1991 oleh Presiden Soeharto di Studio 12 TVRI. Walaupun dulunya TPI berkongsi dengan TVRI, tapi di pertengahan tahun 90-an, TPI mulai memisahkan diri dari TVRi dan mulai membuat siaran sendiri serta mulai mengurangi siaran pendidikan, dan kemudian berubah kepanjangan menjadi Televisi Paling Indonesia.

3. SCTV

SCTV (awalnya singkatan dari Surabaya Central Televisi Indonesia), hal ini memang sebenarnya SCTVpada awalnya adalah stasiun yang memancarkan siaran RCTI (yang pada saat itu hanya mengudara di daerah Jabodetabek) di daerah Surabaya dan sekitarnya. Maka tak heran jika saat ituy, SCTV dan RCTI dikenal sebagai saudara kembar. Mengudara pertama kali pada tanggal 24 Agustus 1990 (berbarengan dengan keluarnya ijin RCTI untuk mengudara secara nasional). pada awalnya, siaran SCTV hanya berupa siaran RCTI yang disiarkan kembali, tapi lama-kelamaan, SCTV mulai membuat siaran sendiri dan mulai terpisah dengan RCTI.Dan Pada tahun 1991, siaran SCTV mulai meluas ke daerah luar teritori surabaya seperti Bali, Lamongan, Banyuwangi, dll. Sejak saat itulah kemudian SCTV mengubah kepanjanganya menjadi Surya Citra Televisi Indonesia.SCTV sendiri mulai mengudara secara nasional pada tanggal 1 Januari 1993, dengan berbekal SK Menteri Penerangan No. 111/1992

4. Antv

Antv (dieja Anteve, singkatan dari Andalas Televisi) adalah salah satu stasiun televisi swasta nasional di Indonesia. Pada awalnya, pemancar utama Antv didirikan di bandar lampung pada tanggal 1 Januari 1993 dan menyiarkan acaranya di daerah bandar lampung, Baru pada tanggal 18 Januari 1993 antv mendapat stasiun televisi siaran nasional di kota Jakarta melalui Keputusan Menteri Penerangan RI No. 04A/1993. Antv baru diresmikan pada tanggal 1 Maret 1993.

5. Indosiar

Indosiar adalah salah satu stasiun televisi swasta Indonesia yang beroperasi di Daan Mogot Jakarta Barat. Stasiun televisi yang dikelola oleh PT Indosiar Karya Media Tbk Pertama kalinya beroperasi secara nasional pada tanggal 1 September 1994 di Jakarta dan dirtesmikan pada tanggal 1 januari 1995. Pada awal siaranya, Indosiar banyak menayangkan acara-acara favorit keluarga dan menjadi salah satu Stasiun Televisi paling banyak ditonton pada era 90-an. Tapi kini, pamornya mulai turun sejalan dengan makin banyaknya Stasiun stasiun televisi baru yang mendapat hak siar.

6. Trans TV

Trans TV (Televisi Transformasi Indonesia) didirikan pada tanggal 1 Agustus 1998 Trans TV mulai resmi disiarkan pada 10 November 2001 meski baru terhitung siaran percobaan, Trans TV sudah membangun Stasiun Relai TV-nya di Jakarta dan Bandung. Siaran percobaan dimulai dari seorang presenter yang menyapa pemirsa pukul 19.00 WIB malam. Trans TV kemudian pertama mengudara mulai diluncurkan diresmikan Presiden Gus Dur sejak tanggal 15 Desember 2001 sejak sekitar pukul 19.00 WIB Malam, TRANS TV memulai siaran secara resmi.

7. Trans 7

Trans 7 adalah sebuah Stasiun televisi yang sebelumnya bernama Tv7. Stasiun televisi ini Didirikan pertama kalinya pada tanggal 22 Maret 2000 dan dikelola oleh PT Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh, dan diluncurkan pertama kalinya pada tanggal 10 November 2001.Sebelum bernama Trans 7, Stasiun televisi ini bernama Tv7, Tapi setelah PT Trans Corpora membeli saham PT Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh sebesar 49%, maka kemudian Tv7 berganti nama menjadi Trans7 pada tanggal 4 Agustus 2006 dan dilaunching ulang pada tanggal 15 Desember 2006

8. Tv One

TvOne (yang sebelumnya bernama Lativi) adalah stasiun televisi yang didirikan dan menyiarkan siaranya pertama kali pada tanggal 9 Agustus 2002.Pada awalnya, isi siaranya berupa acara hiburan keluarga, Tapi sejak tanggal 14 Februari 2008, Lativi resmi berganti nama dengan nama TvOne dan sejak saat itu, TvOne mulai banyak menyiarkan berita (bahkan komposisi acara beritanya mencapai 70%).

9. Metro TV

Metro Tv merupakan stasiun televisi milik PT Media Televisi Indonesia (anak perusahaan dari Media Group,suatu kelompok usaha media yang dipimpin oleh Surya Paloh), Pertama kalinya memperoleh izin siar secara nasional pada tanggal 25 oktober 1999. Metro Tv mengudara pertama kalinya pada tanggal 25 November 2000. pada awalnya, metro tv hanya mengudara di 7 kota dan hanya berporsi 7n jam sehari, tapi sejak 1 April 2001, Metro Tv mengudara secara penuh. Stasiun televisi ini mempunyai ciri khas yaitu hanya menyiarkan siaran yang berbau berita dan educational, jadi jangan harap bisa menemukan acara tak bermutu di Stasiun televisi ini.

10. Global TV

Global Tv merupakan stasiun televisi swasta yang dikelola oleh Media Nusantara Citra (perusahaan media yang juga memiliki RCTI dan TPI). Didirikan dan diluncurkan pertama kalinya pada tanggal 8 Oktober 2002, dan pada awalnya hanya disiarkan untuk merelay acara MTV Asia yang pada awalnya ditayangkan di Antv. Namun sejalan dengan makin turunya pamor MTV Asia, Global TV lalu mulai menyiarkan acara sendiri (saat itu program yang menonjol adalah acara-acara dari Nickelodeon). Dan kini Global Tv telah mampu menyiarkan banyak acara-acara bermutu.

Comments

  • sofyan 11:00 am on July 5, 2011 | # | Reply

    Kenapa tidak di tayangkan lagi acara onepiecenya. Kan acara itu seru

  • 301187 11:19 am on November 19, 2011 | # | Reply

    Wwewwwwwwwwwwwwwwwwww,,,,,
    Kenapa RCTI Sering gangguan di area gorontalo ,,, aduhhhhhhh
    help me plissssss ,,, mau nonton sea games sepak bola tapi rcti ini sering gangguan , aduuuhhhhh tidak harapan rcti

  • 301187 11:20 am on November 19, 2011 | # | Reply

    wewwwwwwwwwwwwwww tolongggggg ,, rcti gangguan digorontalo ,,,
    mau nonton sea games ,, tolonggggggggggggggg

  • bayu 6:15 am on March 1, 2012 | # | Reply

    Buat RCTI..tolong bung tommy welly sbagai komentator meminta maaf..krena perkata’annya “bahwa mereka tidak pantas memakai GaRuda ϑĩ dadaku” perkata’an Îτϋ d tujukan kpada para pemain TIMNAS saat melawan BAHRAIN pada pertandingan kualifikasi piala dunia brazil 2014 krena mereka sudah sangat berusaha..seharusnya melihat scra objektif..krena kecurangan wasit fifa, dan PSSI jga sudah menyampaikan kecurangan ini к FIFA..dan semua warga indonesia pun berhak dan pantas memakai lambang GARUDA di dadanya…

  • Leni apriyani 11:49 am on February 19, 2013 | # | Reply

    Hampir banyak didaerah cilegon. Indosiar tidak ada signalnya… Sehingga diberbagai telivisi dimasyarakat tidak ditemui saluran tv indosiar. Mohon ditelusuri penyebaHampir banyak didaerah cilegon. Indosiar tidak ada signalnya… Sehingga diberbagai telivisi dimasyarakat tidak ditemui saluran tv indosiar. Mohon ditelusuri penyebaHampir banyak didaerah cilegon. Indosiar tidak ada signalnya… Sehingga diberbagai telivisi dimasyarakat tidak ditemui saluran tv indosiar. Mohon ditelusuri penyebaHampir banyak didaerah cilegon. Indosiar tidak ada signalnya… Sehingga diberbagai telivisi dimasyarakat tidak ditemui saluran tv indosiar. Mohon ditelusuri penyebabnya…

    • menaksopal99 9:21 pm on August 17, 2013 | # | Reply

      untuk sctv,percumah sctv menyiarkan acara liga inggris..namun siarannya diacak..perbaikin tuh signalnya…masak siaran sdh lebih 15 tahun mau diacak terus…padahal ini sdh siaran normal(antena biasa)… Mending kagak usah siarkan liga inggris isi saja pake ketoprak humor..wkwkwk

  • wida 12:34 am on July 6, 2013 | # | Reply

    Kenapa RCTI. Sering mengalami gangguan??

  • wida 12:38 am on July 6, 2013 | # | Reply

    Buat sctv,sinetron pessantren dan rock n roll agar di tayangkan tidak terlalu malam

  • lis syarifa 5:27 pm on September 1, 2013 | # | Reply

    Kontol tvri anjing tvri kok tidak ϑΐ siarkan siaran langsung asroma vs verona

  • dian sriani 5:05 pm on October 2, 2013 | # | Reply

    Trans tv sekarang terlalu banyak acara yg ga bermutu, acara yg jam 8 malam sangat ga bagus menurut saya, tidak mendidik, tolong acara nya ditinjau lagi, ganti lg dengan yg lebih bermutu, termehek mehek bagus acaranya tp dihilangkan, terus joget ala cesar bagusnya apa???pendidikan nya apa, masa org2 disuruh joget seperti itu tiap hari termasuk anak2 yg nonton , mau jd apa anak2 nonton hal seperti itu, tolong dikaji lagi tu acara! Bioskop trans tv seperti nya jd unggulan trans tv tp sekarang hrs nunggu joget si cesar yg ampe malam dulu buat nonton film bagus!b mohon kalo bikin acara yg ga bikin org2 bodoh..

  • dian sriani 5:12 pm on October 2, 2013 | # | Reply

    Global tv bagus2 acaranya, seimbang dan proposional, hampir semua acaranya saya suka, yg bikin ga suka kalo nonton global tv di tempat saya gambarnya semut semua, hampir muka2 org nya tidak ada, krn tertutup semut, kami berada di kalianda lampung selatan, kecuali pake parabola and tv kabel gambarnya maknyuss!! Tolong kepada yg berwenang mohon diperjelas gambarnya, Ʈƕǎƞƙƴǒǘ

  • echi 2:10 pm on October 6, 2013 | # | Reply

    tolong tayangan pendekar pemanah rajawali jangan sembraut dong indosiar mengapa selalu begitu dulu tayangan india seri dulu mertua kini menantupun tidak ada menghilang bagaikan angin sampai skr saya penasaran tolong ya

  • Hengky 1:58 pm on October 14, 2013 | # | Reply

    SCTV @ saya tinggal di Baturaja,SUMSEL ..Hampir seluruh masyarakat yang menggunakAn parabola tidak bisa mendapatkan siaran SCTV ..hanya TV berlangganan tertentu saja yang dapat …ini di sebab kan oleh apa ?? Ganti frekuensi atau lain-lain ……semoga bisa ditindak lanjut’I .

  • opickbozz 4:58 pm on October 24, 2013 | # | Reply

    sctv gak ada signal di madura, tolong dicek

  • riri 1:05 pm on November 6, 2013 | # | Reply

    kecewa dg indosiar yg mengubah jadwal acara drama korea full house take 2 menjadi dini hari.
    mohon diubah menjadi siang atau sore hari.
    thanks

  • Indah Nasution 2:51 am on November 7, 2013 | # | Reply

    Sebeeel sinetron di indosiar sekarang pemotongan tuk iklannya gaa jelaaas.. Masa sebelumnya udh di putar, tp stelah iklan diputar lagi tayangan itu. Bikin geregeeetan.. Aaarrrrgh

  • yunia 11:10 am on November 14, 2013 | # | Reply

    Tolong sinetron surat kecil untuk Tuhan di rcti agar sesuai dengan jadwal nya pukul 18.00 .

  • imey nur azizah 5:17 pm on December 17, 2013 | # | Reply

    Buat RCTI yang bener aja donk,, ngasih iklan panjang banget ga sesuai sama durasi film yang lagi tayang ampir 1:5 baru main bentar film nya udah iklan lagi

  • imey nur azizah 5:22 pm on December 17, 2013 | # | Reply

    Buat RCTI masa iklan nya lama banget g imbang ma film yang lg main 1:5 baru jg main fil nya dah iklan lg
    Pas bagian iklaan,iklaan nya seabad fiiuuuh

  • imey nur azizah 3:38 pm on January 5, 2014 | # | Reply

    Aduuuuuuhh,,, RCTI knp sih eror terus,,, kalo g lama banget iklan nya eror masa film lagi tayang,,, malah berenti g bergerak sedikit pun malah kaya yang d pause pasti kalo dah kaya gtu sampe 2 jam bahkan lebih,,, -_- RCTI pake tv kabel eror mulu g ngertii deh padahal yang lain nya nggak makasih

  • agus jati 4:22 am on January 12, 2014 | # | Reply

    slamat siang global.tadi saya lihat di berita global siang.itu di bawah kan ada brita berjalan menunjukkan skor sepakbola.apakah real madrid vs espanyol sudah main.kok sudah ada skor 0-0.bukannya nanti malam tgl12 januari 2014 jam 02:00 wib?/

  • Yeni Ong 5:24 pm on January 28, 2014 | # | Reply

    Sungguh kecewa acara televisi indonesia negara lain selalu di gembar gemborkan terutama bagi trans7 gimana indonesia mau maju yg di promosikan negara orang lain terus.sakit hati ini…pk.jokowi ahok help me please….

  • Yeni Ong 5:40 pm on January 28, 2014 | # | Reply

    Sbagai warga indonesia Sakit hati ini melihat chanel2 indonesia yg semakin tahun smakin buruk Bkn bertambah bagus acara2 yg slengek an alias tdk bermutu.kita smua berharap indonesia kita maju meskipun tidak bisa mengalahkn negara2 lain se tidaknya kta org indo ad yg di banggakn, jgn hnya sibuk mempromosikn negara2 lain,q berharap comment ini bnr2 di baca bkn di abaikn.sedih……

  • Chandra 4:46 am on February 1, 2014 | # | Reply

    SCTV menyebalkan….

  • Chandra 4:49 am on February 1, 2014 | # | Reply

    SCTV menyebalkan …gayanya sok mengiklankan penyiar liga inggris..tapi mana buktinya…liga inggris ga pernah ada siaran…jadi masukan utk sctv supaya mengertiin penonton …..1 utk semua gomballllll……

  • anniza 8:36 pm on February 11, 2014 | # | Reply

    Indosiar gmn sich,tiap jam 3 nayangin film korea tp tdk pernah selesai,bikin kecewa,dulu love rain tiba2 gak ada skrg ojakgyo family gak ada,gmn sich niat nayangin gak?malah berita mulu.

  • anniza 8:37 pm on February 11, 2014 | # | Reply

    Indosiar gmn sich,tiap jam 3 dini hari nayangin film korea tp tdk pernah selesai,bikin kecewa,dulu love rain tiba2 gak ada skrg ojakgyo family gak ada,gmn sich niat nayangin gak?malah berita mulu.

  • anniza 8:00 pm on February 12, 2014 | # | Reply

    Indosiar gmn sich,film korea ojakgyo family yg harusna tayang jam 3 dini hari koq gak d tayangin,mala brita mulu,,konsisten dunk nayangin’na,,jgn setengah2.bikin kecewa,Űϑåћ sering ky gtu indosiar niii,,di tonton jg.

  • arifin 4:00 pm on February 16, 2014 | # | Reply

    rcti tai..bangsat..hari ini siaran madrid nggk di tayangin jadwal..klo nggk bisa jangan sher jadwal di detik kampret

  • ateluya 4:28 pm on February 16, 2014 | # | Reply

    skrang siaran bola real madrid slalu diganggu,udh 2x ini.klo barca aj slalu aman!wktuny siaran malah dgnti siaran lain.klo g niat mending g usah disiarin aja skalian! rcti g bermutu blassssss

  • Novi 4:32 pm on March 13, 2014 | # | Reply

    Untuk trans tv tolong ya acara YKS itu dikurangi jam tayangnya. Saya suka trans tv sejak awal tayang karena menayangkan film2 yang membuat saya terhibur karena saya memang seorang pecinta film. Tapi semenjak ada tayangan YKS yang memakan waktu lama sekali hampir 4 jam setiap harinya saya jadi jarang sekali menonton trans tv. Menurut saya YKS membosankan, tidak mendidik, tidak kreatif.

  • Fauzan Fajri 4:04 pm on March 23, 2014 | # | Reply

    tolong dong di daerah cilacap jateng,trans tv,trans 7 ma global tv kok pda hilang smua smenjak mau ada moto gp. pa ini sebuah unsur kesengajaan….?

  • sugiarto 4:04 pm on March 24, 2014 | # | Reply

    Chanel Global TV di wilayah Cirebon MENHILANG (tertimpa) TV lokal… Acara kesayangan Kami dan anak-anak kami tidak dapat ditonton sudah sekitar 1 bulan… Sayang sekali…

  • fauzi jauhari 2:15 pm on April 4, 2014 | # | Reply

    mengapa acara tv mahagarata singkat banget.ga nyampe 1 jam kurang bro……

  • ewix 4:29 am on April 11, 2014 | # | Reply

    Kenapa film mahabaratanya sebentar banget, kayak tidak ikhlas kali nyiarin film mahabaratanya di antv

  • Delviants 12:21 pm on April 13, 2014 | # | Reply

    Kenapa Tiap Lagi Nonton Flem, Selalu Ada Iklan” Yang GAK PENTING Atau Sensor” Yang SAMA GAK PENTING NYA
    “KALO GAK NIAT TAYANGIN FLEM, MENDINGAN GAK USAH DI TAYANGIN….”
    GANGGU MATA DOANG……!!!!!

  • sutanto 5:52 am on April 18, 2014 | # | Reply

    Daerah pemalang comal trans7,antv,transtv,metrotv,global, dan tvone ga ada , ga tau kena apa ilang begitu saja

  • melina ariyanto 2:34 pm on May 1, 2014 | # | Reply

    bisa gak klo mahabarat antv.. durasi film nya di perpanjang?

  • dara 2:29 pm on May 5, 2014 | # | Reply

    ANTV…tolong mahabrata ny siaran ny di perpanjang….masa cuma 15menit…saya heran acara yg mendidik waktuny di persingkat tp acara yg joget2 ga jelas malah di besar2in …ToLoNg dong dipertimbangkan lagi…biar lebih bermutu..

  • dara 2:33 pm on May 5, 2014 | # | Reply

    ANTV…
    tolong donk acara mahabratany diperpanjang…masa cuma 15menit…
    saya heran knpa acara yg mendidik mlh di persingkat sedangkan acara yg ga jelas joget2 g mutu teriak2 g jelas malah di perpanjang n di gede2in…
    tolong di pertimbangkan lagi biar lebih bermutu…

  • Yosiie 5:46 am on May 11, 2014 | # | Reply

    Untuk antv,, tlg donk film mahabarata d putar lbh awal.. dan waktu penayangan ne d tambah agar lebih lama.. karna yg sekarang waktu ne kurang banget.. 😞😢

  • Roni Zai 3:43 pm on May 12, 2014 | # | Reply

    Tolong metro tv
    Harus netral dengan pemberitaan, jangan jokowi trus di lipul, kami bosan

  • Roni Zai 3:57 pm on May 12, 2014 | # | Reply

    Metro tv tidak netral dalam pemberitaan
    Lagi2 jokowi lagi jokowo, trus menjelek2 kan prabowo lagi
    Netral donk Bosan kami lihat jokowi trus

    • pelanggan 3:46 am on June 5, 2014 | # | Reply

      Wajar aja mas!!, Yang punya Metro adalah Nasdem Pendukung PDIP, kalo mau TV yang cerita baik untuk Prabowoo, nonton ONETV milik ARB Pembelot Partai, atau RCTI/MNC Group milik HT (Pedagang mau jadi Politisi) ke-dua2nya mendukung Prabowo

  • yuli lilian 12:49 am on May 15, 2014 | # | Reply

    Yth.trans tv suara trans tv utk seluruh wilayah kota medan kenapa kecil ya”udh dua bulan terjadi gangguan sperti itu,wlaupun udh distel dgn vulume suara tv sampai 20 ttp jg kecil,tolong dong diperhatikan dan dicek,krn sangat mengganggu kenyamanan klw nonton siaran siaran trans tv

  • org 1:43 pm on May 18, 2014 | # | Reply

    Kenapa detective conan cm tayang hari sabtu?? Knp bukan sabtu-minggu?? Nga tau apa klo org sibuk..itu pun lagi klo filmx nd di cut…ks kurang film powerrangers, ultramen apa begitu..potong waktu sj..Ms itu hr lg seru”x ntn conan tiba” di cut.. Penggemar conan tuh lbh bax drpd ultramen tw…. -____- MENJENG

  • org 1:44 pm on May 18, 2014 | # | Reply

    Indosiar..tlg ks panjang durasi waktunya detective conan..Fans berat gue..

  • ikbal 6:44 am on May 19, 2014 | # | Reply

    Tolong indosiar hps tyngan sinema2pgi istri saya makin kurang aja gara2liat sinetron itu,mksh

  • iwan wahyudi 9:32 am on May 29, 2014 | # | Reply

    RCTI TIDAK KONSISTEN MENYIARKAN ISL BEDA SEPERTI ANTV DAHULU

  • Ranti 3:00 pm on May 30, 2014 | # | Reply

    Untuk SCTV, acara sinetron Ganteng ganteng srigala sepertinya tidak layak untuk ditayangkan karena menurut saya sangat tidak mendidik. Bahkan banyak anak2 dibawah usia dewasa suka menonton nya dan itu akan membawa pengaruh buruk untuk pergaulan di masa remaja atau bahkan anak2 bisa menjadi dewasa sebelum waktunya. Jadi mohon di pertimbangkan kembali untuk terus di tayangkan. Terima kasih

  • hendri 6:32 pm on June 8, 2014 | # | Reply

    Hari ini minggu tgl. 8 juni 2014 siaran Mnc TV audio atau suarany ngk bagus bangat, suarany trable dan ngk enak bangat di dengar, mhn jgn kecewakan penonton setia mnc TV


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: